Siak Dinobatkan Sebagai Pilot Project Akselerasi UKS/M, Percontohan Perilaku Hidup Sehat

Siak Dinobatkan Sebagai Pilot Project Akselerasi UKS/M, Percontohan Perilaku Hidup Sehat

Siak Dinobatkan Sebagai Pilot Project Akselerasi UKS/M, Percontohan Perilaku Hidup Sehat

No Comments on Siak Dinobatkan Sebagai Pilot Project Akselerasi UKS/M, Percontohan Perilaku Hidup Sehat

Kegiatan Akselerasi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) pilot project di Kabupaten Siak berjalan dengan lancar dan sukses. Pasalnya Kabupaten Siak ditetapkan sebagai salah satu daerah program percontohan akselerasi usaha kesehatan di lingkungan sekolah. Melalui penetapan itu, diharapkan dapat meningkatkan peran Unit Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M).

Harapan itu langsung disampaikan oleh Asisten I Setda Kabupaten Siak Fauzi Asni, sebagaimana sambutannya dalam membuka Seminar Akselarasi Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/M) Provinsi Riau, Rabu (23/11/16).

Lokasi kegiatan dilaksanakan di Hotel Yasmin Kecamatan Siak, Kabupaten Siak. Kegiatan ini tidak lepas dari kerjasama Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Riau dan bagian Kesra Setda Kabupaten Siak yang bertujuan untuk mensosialisasikan perilaku hidup sehat kepada para anak didik di sekolah.

Dalam sambutannya, Fauzi mengakui mengapresiasikan kegiatan itu, menurutnya kegiatan Akselerasi UKS/M ini sangat strategis dan sangat penting dalam membudayakan perilaku hidup sehat, sebagaimana dimulai dari lingkungan sekolah.

“Sekolah tidak saja sebagai sarana tempat belajar melainkan juga dapat menjadi ancaman penularan penyakit-penyakit. Bila tidak dikelola dengan baik, maka dari itu peran tim penggerak UKS/M harus terus berkoordinasi dalam melalukan pembinaan,” harap Fauzi.

Ia juga mengatakan dengan membudidayakan hidup bersih dan sehat sejak dini dapat memberikan pondasi yang kuat kepada para anak didik dengan membiasakan pola hidup sehat.

Paling terpenting kata Setda, tim penggerak UKS/M maupun para guru pengelola UKS di sekolah harus faham dengan tugas dan fungsinya, sehingga usaha yang dilakukan dalam membina perilaku sehat di sekolah dapat berjalan dengan lancar dan optimal.

“Ya, salah satu usaha yang harus kita lakukan untuk memajukan UKS sangat dibutuhkan koordinasi antar dinas, mulai dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kementerian Agama serta instansi terkait, yang mana koordinasi ini sama-sama melaksanakan peran dan fungsinya serta saling mengisi,” tutupnya.

Sumber infosiak.com, Rabu 23 November 2016

linked in share button

Leave a comment

Back to Top