BIMTEK DAN FASILITASI SERTIFIKASI SKKNI BIDANG TIK DI KABUPATEN SIAK

BIMTEK DAN FASILITASI SERTIFIKASI SKKNI BIDANG TIK DI KABUPATEN SIAK

BIMTEK DAN FASILITASI SERTIFIKASI SKKNI BIDANG TIK DI KABUPATEN SIAK

No Comments on BIMTEK DAN FASILITASI SERTIFIKASI SKKNI BIDANG TIK DI KABUPATEN SIAK

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan bekerjasama dengan Pemerintahan Kabupaten Siak melaksanakan fasilitasi dan bimbingan teknis serta sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi angkatan kerja muda di Kabupaten Siak. Kegiatan yang diikuti angkatan kerja muda ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kabupaten Siak, Drs. Alfredi, MSi, di Aula Hotel Mutiara, Kandis, Selasa (14/2). Dalam kata sambutannya, beliau mengharapkan sertifikasi yang dilaksanakan ini hendaknya dapat menjembatani dan mempermudah tamatan SMK untuk memasuki dunia kerja sehingga dapat bersaing secara kompetitif di pasar global.

Drs. Irbar Samekto, MSi, selaku Kepala BBPPKI Medan, dalam kata sambutannya menyampaikan, kegiatan ini untuk mewujudkan masyarakat informatika berbasis TIK serta penyiapan sumber daya manusia bidang TIK yang memenuhi standar kompetensi dan tersertifikasi guna menghadapi kesepakatan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang secara bertahap di mulai tahun 2015. Sehingga kita harus mempersiapkan diri di setiap daerah, dan karena itu Kemkominfo sebagai leading-sector pembangungan bidang kominfo mempunyai tugas untuk mengembangkan SDM di bidang TIK. Selanjutnya beliau menghimbau kepada peserta, kesempatan ini hendaknya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menguji dan mengembangkan diri sehingga menjadi SDM yang handal di bidang TIK.

Pembukaan acara dihadiri oleh beberapa pejabat dijajaran Pemerintahan Kabupaten Siak dan Provinsi Riau. Kegiatan ini diikuti sekitar 100 peserta dari Kabupaten Siak, Pelalawan dan Kampar yang terdiri dari lulusan SMK TIK, D1, D2 dan D3. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 14 hingga 17 Februari 2017 dan mereka akan diuji oleh beberapa Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) TIK INDONESIA dari Surabaya yang dipimpin oleh Edwin Suryosaptanto. Tes Uji Kemampuan akan dilaksanakan di SMKN 1 Kandis. demikian penjelasan dari Ketua Panitia Drs. Arifuddin, MSi dari BBPPKI Medan. Lebih lanjut Ketua panitia menjelaskan, terlaksananya kegiatan ini karena besarnya dukungan Pemerintah Kabupaten Siak, terutama dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Siak, SMKN 1 Kandis serta masyarakat.

 

Sumber Kominfo.go.id, Selasa 14 Februari 2017

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top