16 Tahun Berdiri Siak Lebih Maju dari Kabupaten Induk Dewan Tetap Lakukan Pengawasan

16 Tahun Berdiri Siak Lebih Maju dari Kabupaten Induk Dewan Tetap Lakukan Pengawasan

16 Tahun Berdiri Siak Lebih Maju dari Kabupaten Induk Dewan Tetap Lakukan Pengawasan

No Comments on 16 Tahun Berdiri Siak Lebih Maju dari Kabupaten Induk Dewan Tetap Lakukan Pengawasan

Usia Kabupaten Siak kini genab sudah 16 tahun, semenjak mekar dari kabupaten Bengklis, pembangunan di wilayah Kabupaten Siak terlihat jelas dan dirasakan masyarakat. Hal itu tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh Pemimpin Kabupaten Siak sejak awal berdiri hingga saat ini, dan sinergisnya kinerja DPRD Siak dengan Pemerintah Kabupaten Siak.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan SE saat diwawancarai tentang refleksi HUT Kabupaten Siak XVI tahun 2015, Minggu (11/10). Pesatnya pembangunan itu dapat di lihat di segala lini, baik dalam hal pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan ataupun di bidang pendidikan.
Menurut Indra Gunawan, program Jamkesda yang digulirkan untuk masyarakat berjalan baik, pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas dan RSUD juga terliht terus mengalami peningkatan. Pembangunan beberapa gedung puskesmas dan penmbhan tenaga medis berupakan bukti upaya peningkatan pelayanan kesehatan geratis.

“Namun demikian, masih perlu adanya peningkatan. Seperti peningkatan status RSUD Siak, sekarang kelas C harapannya bisa ditingkatkan menjadi RSUD kelas B. Dengan peningkatan itu tentunya bis menambah jumlah dokter spesialis,” Harap Indra Gunawan.

Selain itu, Indra Gunawan meminta adanya peningkatan pelayanan kesehatan baik di RSUD ataupun di Puskesmas, sehingga ke depan tidak ada lagi keluhan-keluhan pasien terhadap pelayanan. Di bidang pendidikan, menurut Indra Gunawan sejuh ini penyelenggaraan pendidikan geratis berjalan dengan baik, keseriusan pemerintah daerah dan DPRD ditunjukkan dengan ditebitkannya Perda Wajib Belajar 12 Tahun. Politisi Partai Golongan Karya ini berharap pelayanan pendidikan geratis ini bisa lebih ditingkatkan.

“Pelayanan pendidikan sudah baik, kemajuan bisa dilihat dengan peningkatan pembangunan infrastruktur dan sarana pendidikan serta keberhasilan proses belajar-mengajar,” ujar Indra Gunawan. Untuk kelanjutan program pendidikan, menurutnya masih perlu adanya peningkatan kualitas SDM, baik bagi guru dan kepala sekolah. “Hal itu bisa dilakukan dengan peningkatan pelatihan kepala sekolah dan guru. Jika mngerial kepala sekolah sudah baik dan kemampuan guru meningkat, tentu akan mampu meningkatkan prestasi siswa,” ujarnya.
Berkaitan dengan pembangunan infrastruktur, kelanjutan pembangunan jalan menjadi PR yang perlu dilanjutkan. Panjang jalan yangada di seluruh kabupaten Siak tentu membutuhkan waktu pembangunan yang bertahap.
“Dengan usia Kabupaten Siak yang kini menginjak 16 tahun, tentu belum mampu mengkafer semua jalan yang ada di kabupaten Siak. Pembangunan kita lakukan secara bertahap, dan mengedepankan sekala perioritas. Pembangunan jalan ini penting kita lanjutkan hingga tuntas sampai ke pelosok dusun,” ujarnya.
Menurut Indra Gunawan, dari awal Kabupaten Siak berdiri hingga berusia 16 tahun ada kesinergisan anatar DPRD dan Pemerintah Kabupaten. Namun demikian, bukan berarti dewan tidak melakukan pengawasan.

“Selagi pembangunan yang dilakukan merupakan aspirasi masyarakat, DPRD akan terus mendukung. Dan kami akan melakukan pengawasan agar jalannya pembangunan sesuai dengan yang direncanakan bersama,” tegas Indra Gunawan.
Senada disampaikan oleh Ketua Komisi I DPRD Siak Sujarwo, HUT ke-16 ini diharapkan menjadi moment untuk terus berbenah di semua bidang. Sebagaimana yang dilihat dan dirasakan bersama, pemerintah kabupaten Siak telah banyak berbuat.

“Banyak program yang terealisasi dengan baik, ini tidak terlepas dari kerja sama yang baik antara legislatif dan eksekutif. Hal itu kita lakukan secara bersama demi kepentingan masyarakat kabupaten Siak,” kata Sujarwo.
Selain mengacu pada aspirasi dan kepentingan masyarakat, menurut Sujarwo Setiap pembangunan serta program yang dijalankan ke depan tentu harus mengacu pada aturan dan mekanisme yang berlaku.

“Program-program pembangunan telah berjalan dengan baik, tinggal kita perbaiki untuk kesempurnan. Yang terpenting pembangunan yang dilkukan perlu mengedepankan skala prioritas demi kepentingan masyarakat kabupaten Siak,” pesan Sujarwo. Dengan bertambahnya usia Kabupaten Siak, diharapkan negri istana bisa semakin maju, pemerintah bisa terus mengayomi masyarakat secara menyeluruh.

Sumber riaumandiri.co, Senin 12 Oktober 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top