17 Ramadan Hari Diturunkan Alquran

17 Ramadan Hari Diturunkan Alquran

17 Ramadan Hari Diturunkan Alquran

No Comments on 17 Ramadan Hari Diturunkan Alquran

17 Ramadan menjadi tanggal istimewa di bulan suci umat Islam ini. Pada tanggal tersebut Allah menurunkan Alquran ke muka bumi melalui nabi Muhammad, atau biasa disebut dengan istilah Nuzulul Quran.

Nuzulul Quran yang secara harfiah berarti turunnya Alquran adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan wahyu Allah pertama kepada Nabi Muhammad SAW.

Saat itu Nabi Muhammad sedang berkhalwat (meditasi) di dalam Goa Hira di atas Jabal Nur, sebelah utara kota Makkah. Kemudian datanglah malaikat Jibril secara tiba-tiba sambil menyampaikan wahyu dari Allah. Ayat pertama yang diturunkan adalah Surat Al-Alaq ayat 1-5.

Nabi Muhammad yang saat itu dalam kondisi sendiri langsung ketakutan dan menggigil. Kemudian Nabi pulang dan menceritakan pengalaman yang dialaminya kepada istrinya. Sejak peristiwa itu nabi mendapat gelar Rasul yakni nabi yang mendapatkan wahyu untuk disebarkan kepada umat manusia.

Alquran tidak diturunkan kepada Nabi Muhammad sekaligus satu kitab, tetapi secara berangsur-angsur, surat-persurat, ayat-perayat menurut tuntutan peristiwa yang melatarinya. Lama waktunya adalah 22 tahun 2 bulan dan 22 hari.

Alquran selesai diturunkan menjelang kewafatan Nabi pada tanggal 9 Dzulhijjah tahun 10 H yang bertepatan dengan tanggal 27 Oktober 632 M, dengan turunnya ayat yang terakhiryaitu surah Al-Maidah ayat 3.

Sumber,  detik. com Rabu 22 Jun 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top