288.329 Penduduk Siak Berpotensi Memilih di Pilkada 2015

288.329 Penduduk Siak Berpotensi Memilih di Pilkada 2015

No Comments on 288.329 Penduduk Siak Berpotensi Memilih di Pilkada 2015

pilkada

KPU Siak sudah terima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP‎4) Pilkada dari KPU RI sejak pekan lalu. ‎Penduduk berpotensi memilih tertera dalam daftar itu sebanyak 288.329 jiwa.

Ketua KPU Siak Agus Salim menerangkan, jumlah itu lebih tinggi dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 lalu, yakni 274 ribu lebih jiwa. Hal itu dapat dimaklumi, sebab pengambilan DP4 dari data yang diinput Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diserahkan ke KPU RI. Sebelum menurunkan jumlah DP4, KPU RI juga punya kesempatan untuk menganalisis. Baru kemudian diturunkan ke KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Ia menguraikan, berdasarkan DPS itu, KPU Siak mulai menyusun daftar pemilih. Sejak 24 Juni hingga 14 Juli mendatang, penyusunan pemilih sudah disampaikan ke PPS dan PPK.

“Saat ini PPS dan PPK sedang menjalani Bimtek untuk melakukan pekerjaan ini. Tanggal 14 Juli ini PPS akan melakukan pencuplikan kerumah-rumah masyarakat,” terang Agus Salim, Minggu (5/7).

Pencuplikan itu dilakukan secara seksama. Jika ada nama di DP4 yang pindah atau meninggal dunia, petugas di PPS langsung mencoret, dan dikasih keterangan. Sedangkan nama sebagai pemilih pemula, dikasih catatan sebagai pemilih pemula. Setelah itu, baru dilakukan pemutakhiran data dan penyusunan data pemilih.

“Panitia pemutakhiran data bekerjasama dengan PPP ‎dalam waktu 36 hari. Setelah itu baru disusun DPT Pilkada 2015,” imbuh Agus.

Sumber pekanbaru.tribunnews.com, Senin 06 Juli 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top