AHY Kunjungi Negeri Istana

AHY  Kunjungi Negeri Istana

AHY Kunjungi Negeri Istana

No Comments on AHY Kunjungi Negeri Istana

Ketika jarum jam menunjukkan pukul 12.25 WIB, rombongan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba di kediaman Bupati Siak, Ahad (5/11/1017).

Kadatangan putra sulung mantan Presiden SBY ini disambut Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si, Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Kapolres Siak AKBP Barliansyah, serta sejumlah anggota Forkopimda Siak, selain itu terlihat sejumlah tokoh masyarakat dan agama.

Begitu tiba di halaman kediaman Bupati Siak, AHY disambut tengkah kompang dan sebelum menaiki anak tangga, dia dipasangkan kain songket dan tanjak.

Saat duduk di ruang tamu, AHY yang berdampingan duduk dengan Bupati Siak sempat bertanya soal Jembatan Siak nan megah itu, mereka tampak akrab berbual.

“Ya, Jambatan Siak itu dulunya peresmian pemakaiannya dilakukan Pak Presiden SBY,” kata Bupati Siak.

“Pak SBY kirim salam kepada bapak (Syamsuar). Katanya, banyak juga kenenangan dulu di Siak ini,” jawab AHY.

Sejurus setelah duduk di ruang tamu, AHY mohon diri untuk melaksanakan Salat Zuhur. Usai salat, AHY ke Balai Rung Datuk Keempat Suku untuk santap siang.

Betapa sopannya AHY, dia sejenak tampak berdiri di meja makan. Namun setelah diminta Bupati Siak duduk barulah dia duduk. Begitu juga ketika makan, nasi yang dikunyahnya tampak teratur, tidak ada kesan terburu-buru.

Usai makan siang, AHY di dampingi Bupati Siak, melakukan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Sultan Syarif Kasim II berserta keluarga di Siak Sri Indrapura.

Putra sulung SBY itu tampak khusuk berdoa sambil duduk bersila. Sesaat, AHY melengakkan kepala memandang ke atas. Dalam hitungan detik, dia menatap lurus seraya menghela napas dan menyebutkan “Allahu Akbar.”

Setelah berdoa di makam Sultan Syarif Kasim II, AHY bersama Bupati Siak berjalan kaki untuk menabur benih ikan di Tepian Sungai Jantan yang berada di belakang makam.

Sebanyak 1000 benih ikan Patin di tabur di tepian Sungai Jantan, atau biasa disebut dengan Sungai Siak. Benih ikan tersebut, disiapkan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Siak.

Tidak banyak yang bisa mengikuti langkah Bupati Siak dan AHY, lantaran ponton sebagai tempat menabur ikan kapasitasnya tak begitu ramai. Mengsiasati hal ini, tim AHY dan Humas Siak terpaksa menggunakan dua pompong untuk mengabdikan moment tersebut dari dalam sungai.

Rangkaian berikutnya, AHY dan Bupati Siak berkunjung ke Istana Siak. Namun langkah mereka terhenti di gerbang Masjid Syahabuddin lantaran sejumlah warga sibuk minta foto bersama dan selfie. Sebelumnya, AHY terlebih dahulu meminta untuk foto berdua dengan Bupati Siak

Di dalam Istana Siak, setelah mengisi buku tamu, AHY sempat bertanya soal prasasti di Istana Siak dan ternyata di atas batu itu ada tanda tangan Presiden SBY, tertanda dilaksanakan Restorasi Istana Siak.

“10 tahun lalu Pak SBY yang menanda tangani pemugaran Istana Siak ini,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati Siak juga menyerahkan lukisan Sultan Syarif Kasim II.

 “Waw… ganteng banget Raja Siak. Terima kasih banyak,” kata AHY usai menerima buah tangan dari orang nomor satu di Siak itu.

Bupati Siak juga menyerahkan miniatur Jambatan Siak dan mengajak AHY melihat isi istana kerajaan Melayu Islam tersebut.

Setelah “mencuci mata” menjelahi isi Istana Siak, AHY menanam pohon di depan istana. Selanjutnya dia bersilaturahmi dengan ribuan masyarakat Siak di Taman Maharatu.

Sumber : Humas Kab. Siak, 6 November 2017

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top