AIR MANCUR TAMAN TENGKU MAHRATU

AIR MANCUR TAMAN TENGKU MAHRATU 2

Untuk mewujudkan cita-cita menciptakan Negeri Istana sebagai destinasi wisata andalan di Bumi Lancang Kuning, salah satunya adalah dengan membangun tempat rekreasi yang bisa memikat wisatawan untuk menikmati keindahan Kota Siak. Inovasi terbaru ditunjukkan dengan pembangunan air mancur musik yang diberi nama Air Mancur Taman Tengku Mahratu.

Air Mancur Taman Tengku Mahratu merupakan air mancur musik pertama yang ada di Sumatera. Air Mancur ini diresmikan oleh Bupati Siak, Drs. H Syamsuar M.Si pada tanggal 18 November 2015.  Air Mancur Taman Tengku Mahratu yang dibangun di depan Istana Siak, antara Gedung Tengku Mahratu dan Masjid Syahbuddin atau tepatnya di bekas bangunan KPU lama.

Keunggulan air mancur ini terletak pada lampu dan pompa di dalam bak air mancur. Jika dioperasikan, pompa menyemburkan air seiring irama musik, serta ditambah dengan warna yang muncul dari sorot cahaya lampu, sehingga air yang terpancar tampak berwarna-warni. Ada empat lagu yang telah diinput dalam sistem air mancur tersebut, yakni musik Zapin Satelit, Mars Siak, Lancang Kuning, dan instrumen Canon Rock. Data lagu yang diputar bisa diinput sesuai dengan momen. Misalnya pada saat peringatan hari kemerdekaan maka bisa dimasukkan lagu perjuangan.

Air mancur ini akan dinyalakan di akhir pekan dari Jumat, Sabtu dan Minggu atau hari libur. Selain itu jika di Siak ada perhelatan suatu acara, maka selama acara berlangsung, air mancur ini akan dinyalakan. Tujuannya untuk menjadi hiburan bagi tamu yang datang, selain itu juga tempat rekreasi masyarakat Siak.

 

linked in share button

Back to Top