Antisipasi Jatuhnya Korban Jiwa Akibat Kabut Asap, Bupati Siak: Jangan Menunggu, Kita Harus Jemput Bola

Antisipasi Jatuhnya Korban Jiwa Akibat Kabut Asap, Bupati Siak: Jangan Menunggu, Kita Harus Jemput Bola

Antisipasi Jatuhnya Korban Jiwa Akibat Kabut Asap, Bupati Siak: Jangan Menunggu, Kita Harus Jemput Bola

No Comments on Antisipasi Jatuhnya Korban Jiwa Akibat Kabut Asap, Bupati Siak: Jangan Menunggu, Kita Harus Jemput Bola
Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menginstruksikan kepada semua instansi terkait agar lebih pro aktif dalam mengantisipasi jatuhnya korban jiwa akibat kabut asap yang masih pekat menyelimuti Kabupaten Siak, Riau.
“Jangan menunggu, semua harus jemput bola, harus siaga 24 jam. Meski tak ada titik api di Siak, namun kondisinya asap masih pekat, kiriman dari provinsi tetangga, kita fokuskan untuk mengantisipasi agar tidak ada warga yang meninggal akibat kabut asap, seperti yang sudah terjadi di beberapa daerah di Riau,” tegas Syamsuar, saat memimpin rapat persiapan evakuasi korban asap di ruang Pucuk Rebung, Kantor Bupati Siak, Senin (26/10/2015) pagi.
Turut hadir Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Siak, Danramil Siak Mayor Kav Suharman, mewakili Dandim 0303 Bengkalis, Wakpolres Siak, Kasi Intel Kejari Siak, Sekda Kab Siak H TS Hamzah, pejabat terkait di lingkungan Pemkab Siak.
Dikatakan Syamsuar, untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa akibat kabut asap, Pemkab Siak sudah menetapkan sejumlah ruang evakuasi bagi warga yang membutuhkan, seperti Gedung Maharatu, Mess Pemda, Asrama Haji dan Siak Hall Sport.
“Jangan hanya terfokus di Siak, disemua kecamatan juga harus melakukan hal yang sama. Setiap kantor kecamatan harus disiapkan ruang evakuasi untuk korban kabut asap, termasuk semua Puskesmas yang ada di Siak. Dinas Kesehatan harus lebih pro aktif, koordinasi dengan Camat dan Penghulu Kampung,” ujar Syamsuar.
Meskipun jumlah penderita Insfeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) tidak begitu banyak yang dirawat, namun Camat harus lebih pro aktif guna berkoordinasi dengan semua Penghulu Kampung agar memberikan laporan secara terus menerus terkait kondisi warga di Kampung mereka-masing.
“Jika ada warga yang mengidap ISPA, segera rawat di ruang evakuasi, jemput mereka ke rumah, kita siapkan semua fasilitas, seperti mobil jemputan, obat-obatan, oksigen dan lainnya. Intinya, semua harus siaga, hanya ini yang bisa kita lakukan agar korban jiwa akibat kabut asap tidak terjadi di Negeri Istana ini,” pungkas Bupati.

Sumber goriau.com, Senin 26 Oktober 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top