Asisten III Setdakab Siak Buka Sosialisasi dan Pelatihan Administrator Aplikasi e-Office (SiMaya)

Asisten III Setdakab Siak Buka Sosialisasi dan Pelatihan Administrator Aplikasi e-Office (SiMaya)

Asisten III Setdakab Siak Buka Sosialisasi dan Pelatihan Administrator Aplikasi e-Office (SiMaya)

No Comments on Asisten III Setdakab Siak Buka Sosialisasi dan Pelatihan Administrator Aplikasi e-Office (SiMaya)

Sebagai upaya untuk mewujudkan pemerintahan yang terbuka tidak hanya butuh perubahan karakter, mentalitas, atau pola pikir dikalangan birokrasi pemerintah dan badan publik, tetapi juga membutuhkan reformasi sistem dan pola kerja dengan mewujudkan salah satunya penerapan sistem berbasis elektronik.

Hal tersebut yang dikatakan Asisten Administrasi Umum Setdakab Siak Drs. H. Jamaluddin, M.Si ketika membuka Sosialisasi dan Pelatihan Administrator Aplikasi e-Office (SiMaya) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sri Indrapura, Jum’at (15/12/17).

Asisten III Setdakab Siak mengatakan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika telah membangun Aplikasi e-Office yang diberi nama Sistem Perkantoran Maya Berbasis Awan yang disingkat SiMaya. Aplikasi ini telah digunakan di lembaga-lembaga pemerintah termasuk diberbagai kabupaten/kota di Indonesia. Kabupaten Siak telah menerapkan aplikasi ini dengan pilot projeknya adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Siak pada tahun 2017.

Menurut Asisten III Setdakab Siak, salah satu manfaat langsung dari penerapan e-Government yaitu adanya pemangkasan biaya, waktu, paperless, efesien, dan efektif, serta meminimalisi kemungkinan terjadinya praktik korupsi dalam pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan akhir adalah untuk meningkatkan kualitas layanan publik kepada masyarakat.

“Diharapkan setelah pelatihan ini nantinya, administrator OPD ini dapat menyiapkan kerangka penerapan aplikasi ini, seperti struktur instansi, jabatan, dan penugasan yang diupload ke aplikasi tersebut,” kata Asisten III Setdakab Siak.

Kedepannya, aplikasi ini juga dapat diterapkan secara parsial, sehingga OPD yang telah siap dari sisi infrastruktur dan SDM akan diberikan pelatihan khusus dan terpisah di masing masing OPD dengan instrukturnya dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Siak, sehingga nantinya OPD yang ada, dalam melaksanakan surat menyurat secara online dengan harapan memberikan efesien dan efektifitas pelayanan publik yang lebih baik,” pungkasnya.

Sosialisasi dan Pelatihan Administrator Aplikasi e-Office di lingkungan Pemkab Siak dilaksanakan berdasasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Peranturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik, serta Surat Edaran Menpan ARB Nomor 05 Tahun 2013 tentang Aplikasi Data Naskah Dinas Elektronik (TNDE) Pada Instansi Pemerintah.

Sosialisasi dan pelatihan tersebut diikuti 50 peserta yang terdiri dari ASN perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Siak, dimana narasumber didatangkan dari Direktorat e-Government Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Sumber : Humas Kab. Siak, 15 Desember 2017

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Top