Asosiasi Perkebunan Perlu Ramah Lingkungan

Asosiasi Perkebunan Perlu Ramah Lingkungan

Asosiasi Perkebunan Perlu Ramah Lingkungan

No Comments on Asosiasi Perkebunan Perlu Ramah Lingkungan

Dampak kebakaran lahan dan hutan (karlahut) yang terjadi beberapa waktu belakangan ini terus menjadi sorotan. Untuk itu, Asosiasi Perkebunan yang beroperasi di Riau diharapkan dapat lebih mengedepankan sikap ramah lingkungan.

Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, meminta, asosiasi perkebunan kelapa sawit di Riau untuk berbagi pengalaman dengan perusahan yang sama di provinsi lainnya. Poin ini diperlukan untuk melakukan inovasi dan berbagi pengalaman dalam mengatasi persoalan kebakaran hutan dan lahan di kawasan perusahan.

“Hal itu memang harus berbagi soal pengalaman . Itukan bisa di sharing ke pada asosiasi sama di Provinsi lain, misalnya Jambi dan Sumatra Selatan. Kan banyak yang sudah kami lakukan bersama. Bukan hanya masalah di tempat operasi masing-masing. Termasuk rencana aksi yang sebelumnya sudah disepakati antara Pemerintah Provinsi Riau dengan perusahan yang ada,” urainya.

Ia menyontohkan, dalam rencana aksi itu adala 16 langkah yang menjadi poin penting untuk disikapi perusahaan perkebunan kelapa  sawit dan hutan tanaman industri di Provinsi Riau. Hal itu seperti menyiapkan peralatan pemadam kebakaran, tower untuk pemantauan api, persiapan alat berat, kanal bloking dan sumur sebagai sumber air dan inovasi lainnya.

Pembagian (Sharing) seperti ini penting dilakukan oleh asosiasi perkebunan di Riau kepada asosiasi yang sama di provinsi tetangga. Diharapkan, dengan sharing dan kerja sama itu, dapat maksimal dalam menjawab permasalahan karlahut yang selama ini menghampiri.

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top