Atasi Defisit Beban, PLN Rayon Siak Tambah Enam Pembangkit Listrik

Atasi Defisit Beban, PLN Rayon Siak Tambah Enam Pembangkit Listrik

Atasi Defisit Beban, PLN Rayon Siak Tambah Enam Pembangkit Listrik

No Comments on Atasi Defisit Beban, PLN Rayon Siak Tambah Enam Pembangkit Listrik
Perusahaan Listrik Negara (PLN) rayon Kabupaten Siak menginformasikan bahwa pihaknya sudah menambah enam lagi mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel untuk mengatasi pemadaman bergilir akibat defisit beban pada daerah setempat.
“Kini kami sudah menambah enam lagi mesin PLTD untuk dipasang di Sungai Apit. Awal Oktober akan diusahakan selesai semuanya dan tidak ada lagi pemadaman bergilir,” kata Menejer PLN Rayon Siak Zulhardi di Siak, Selasa.
Zulhardi berharap enam mesin yang baru didatangkan tersebut bisa mencukupi kebutuhan listrik dan tidak ada lagi pemadaman bergilir yang menjadi penyebab masyarakat resah dan mendemo kantor rayon Siak bulan Agustus 2016.
Sebagaimana dijelaskan bahwa pemadaman bergilir ini sudah terjadi sejak 2 Agustus 2016 akibat kerusakan jaringan pada Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Kampung Rawa Mekar Jaya kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak yang kini sedang diperbaiki.
Asisten Manajer Pelayanan dan Administrasi PLN Area Pekanbaru Al Azhar membenarkan bahwa saat ini sudah ada penambahan daya sebesar tiga Mega Watt yang dipasang di PLTD Sungai Apit.
“Telah terpasang PLTD Sei. Apit sebesar 3 MW, tadi malam telah dilakukan uji kelayakan mesin. Mulai dini hari tadi pukul 01.00 WIB telah masuk ke sistem isolated Siak. Sehingga saat ini sudah tidak ada defisit,” kata Al-Azhar dihubungi Antara dari Siak.
Dengan demikian kata Al-Azhar total PLTD yang ada berjumlah 20 unit, enam diantaranya di kecamatan Sungai Apit dan 14 unit di kecamatan Siak serta satu unit PLTMG di Rawa Mekar.
Dia juga menginformasikan bahwa sebelumnya beban puncak pemakaian secara keseluruhan sebesar 11,2 MW, sementara daya mampu PLTD Siak hanya 9,25 MW, dan PLTMG Rawa berdaya mampu 0,65 MW. Artinya total secara keseluruhan masih 9,9 MW. Untuk itu percepatan mesin pembangkit ditambah enam unit lagi.
Andri Zalil bagian transaksi energi PLN rayon Siak menyampaikan semenjak PLTMG Rawa Mekar Jaya mengalami kerusakan jaringan, PLN mengalihkan pasokan listrik ke PLTD Siak. Namun karena pasokan tidak mencukupi untuk seluruh pelanggan se-Kabupaten Siak terpaksa memberlakukan pemadaman bergilir.
Berdasarkan data dari PT PLN Persero Wilayah Riau Kepulauan Riau (WRKR) 2016 Rasio Elektrifikasi (RE) PLN Kabupaten Siak sebesar 62,53 persen, menjadikannya menempati urutan ke delapan dari 12 kabupaten/kota se Provinsi Riau.
Sumber antarariau.com, Rabu 28 September 2016

« Previous Article Wabup Sambut Kedatangan Jamaah Haji

Next Article » PNS Diminta Tidak Main Game Saat Jam Kerja

linked in share button

Leave a comment

Back to Top