ATASI KARHUTLA DAN KABUT ASAP Plt Gubri Keluarkan Intruksi ke Kabupaten /Kota

ATASI KARHUTLA DAN KABUT ASAP Plt Gubri Keluarkan Intruksi ke Kabupaten /Kota

No Comments on ATASI KARHUTLA DAN KABUT ASAP Plt Gubri Keluarkan Intruksi ke Kabupaten /Kota

Untuk mengatasi dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau serta kabut asap yang semakin parah saat ini.
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau,  H Arsyadjuliandi Rachman secara resmi mengeluarkan Instruksi Gubernur untuk dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota

Asisten I Setdaprov Riau Ahmadsyah Harrofi mengatakan  instruksi tersebut dituangkan dalam Surat dengan Nomor: 01/INT-HK/IV/2015 yang isinya mengimbau seluruh bupati/walikota, kepala dinas, badan dan biro di lingkungan Pemprov Riau untuk meningkatkan koordinasi mengatasi dan mengantisipasi karhutla serta kabut asap.

Dalam instruksi tersebut, Plt juga menekankan perlindungan terhadap masyarakat dari ancaman karhutla dan kabut asap yang terjadi di hampir seluruh wilayah di Riau .

“Bupati/ walikota se-Riau diminta mengoptimalkan peran camat, kepala desa dan lurah untuk memantau, mengawasi dan mencegah terjadinya karhutla di wilayah kerjanya,”kata Asisten I Pemprov Riau.

Sementara, kata Ahmad,  untuk daerah yang telah menetapkan Status Siaga Darurat agar segera melaksanakan rapat koordinasi menentukan penetapan status dengan pertimbangan dari lembaga teknis dan mempedomani peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Ya, kabupaten/kota diharuskan melaporkan perkembangan pengendalian karhutla di wilayah masing-masing sesuai dengan tugas dan kewenangan. Salah satunya pengawasan terhadap aktivitas perusahaan dan masyarakat untuk mencegah terjadinya perusakan ekosistem gambut yang menyebabkan karhutla di  Riau.

Sumber Riaupos.co, Rabu 29 Mei 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top