Bank Riau Kepri Taja Kegiatan Sosialisasi MPN G2 Bagi Bendaharawan SKPD

Bank Riau Kepri Taja Kegiatan Sosialisasi MPN G2  Bagi Bendaharawan SKPD

Bank Riau Kepri Taja Kegiatan Sosialisasi MPN G2 Bagi Bendaharawan SKPD

No Comments on Bank Riau Kepri Taja Kegiatan Sosialisasi MPN G2 Bagi Bendaharawan SKPD

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi membuka kegiatan sosialisasi penata usahaan penerimaan negara melalui sistem Modul Penerimaan Negara (MPN) G2 bagi bendaharawan di satuan kerja lingkup Pemerintah Kabupaten Siak di Hotel Grand Mempura, Selasa (24/5/2016).

Bupati mengatakan, diantara penerimaan dari negara ini termasuk pajak serta migas, sedangkan untuk migas pada saat ini harganya anjlok.

“Karena migas anjlok, penghasilan negara dari Riau jadi menurun. Namun demikian ada upaya yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penerimaan pajak dari sektor lainnya,” kata Syamsuar.

Khusus untuk Kabupaten Siak, lanjut Syamsuar, pihaknya terus berupaya meningkatkan penerimaan pajak bagi pemasukan daerah. “Untuk itu, perlu sosialisasi ini guna memudahkan membayar pajak melalui MPN G2,” jelasnya.

Dia berharap agar peserta dari setiap SKPD bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.”Sosialisasi ini sangat besar manfaatnya bagi bendahara kita di setiap SKPD, kalau kurang mengerti diharapkan bertanya, jangan diam saja,” ujarnya.

Narasumber kegiatan itu yakni Kepala KPPN Dirjen Perbendaharaan Negara Herman Hidayat dan dua narasumber lainnya.

Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Siak Tengku Toyib mengatakan Bank Riau Kepri telah ditunjuk sebagai penerimaan pajak melalui sistem MPN G2 yang disusun untuk memperbaiki sistem MPN sebelumnya (MPN G1).

Sebagai sebuah sistem, lanjutnya, MPN berhasil mengintegrasikan sistem penerimaan negara yang selama ini terpisah. Penyempurnaan MPN melibatkan unit-unit pemilik tagihan lingkup Kementerian Keuangan yang dikenal dengan sebutan biller, yakni Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, dan Direktorat Jenderal Anggaran.

Sementara itu, sistem yang menghubungkan dengan sistem perbankan dan sistem settlement dikelola oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Pengelolaan Infrastruktur oleh Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan Sekretariat Jenderal.

“Selain itu, untuk meningkatkan pemahaman pajak khusus untuk bendahara SKPD yang ada di Kabupaten Siak ini, Bank Riau Kepri juga perlu mengadakan sosialisasi agar pelaksanaan dapat berjalan lancar bagi pendapatan negara, selain itu pembayaran pajak bisa menggunakan MPN G2 di Kabupaten Siak ini,” tutupnya.

Sumber goriau.com, Selasa 24 Mei 2016

 

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top