Banyak RFK SKPD di Bawah 90 Persen Bupati Ingatkan Efisiensi Anggaran

Banyak RFK SKPD di Bawah 90 Persen Bupati Ingatkan Efisiensi Anggaran

Banyak RFK SKPD di Bawah 90 Persen Bupati Ingatkan Efisiensi Anggaran

No Comments on Banyak RFK SKPD di Bawah 90 Persen Bupati Ingatkan Efisiensi Anggaran

Bupati Siak H Syamsuar mengingatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kabupaten Siak untuk dapat merealisasikan program sesuai kemampuan dan mengutamakan efisiensi anggaran. Hal itu disampaikan Bupati, mengingat di penghujung tahun anggaran ini masih banyaknya SKPD yang progres realisasi fisik dan keuangannya masih di bawah 90 persen.

“Kegiatan yang cukup banyak, tolong progresnya. Laksanakan program sesuai kemampuan, utamakan efisiensi anggaran, mengingat tahun 2016 kondisi memperihatinkan, anggaran berkurang jauh dibanding tahun 2015,” ujar Bupati Syamsuar saat memimpin rapat Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) di Raja Indara Pahlawan Room, Kantor Bupati Siak, Rabu (17/12). Turut mendampingi Bupati, Sekdakab Siak Tengku Said Hamzah, Asisten III Syafrilenti serta Kepala SKPD se-Kabupaten Siak.

Rapat ini membahas realisasi fisik dan keuangan per November 2015, dari data yang dilaporkan seluruh SKPD, realisasi fisik secara menyeluruh per November 86,76 persen, dan keuangan 62,92 persen. Angka ini meningkat dibanding realisasi bulan Oktober, fisik 74,76 persen dan keuangan 53,67 persen.

Bupati berharap, tahun ini realisasi fisik di atas 90 persen, begitujuga persentasi relaisasi keuangan berbanding lurus dengan realisasi fisik. “Kami berharap realisasi tahun ini bisa di atas tahun lalu,” kata Bupati.

Untuk diketahui, realisasi keuangan APBD Siak tahun anggaran 2014 mencapai 85 persen.
Dari rapat ini terlihat, realisasi dari sebagian SKPD sudah mencapai di atas 90 persen, dan semua SKPD menargetkan realisasi fisik di atas 90 persen. Seperti halnya Dinas Bina Marga dan Pengairan yang realisasi fisiknya sudah mencapai 94,27 persen, dengan realisasi keuangan, 64,60 persen, hal itu karena masih banyak kegiatan yang sudah rampung namun dalam tahap proses pencairan.

Sementara Humas Pemkab Siak realisasi fisik telah mencapai 90,19 persen dan keuangan 71,17 persen. Kantor Perpustakaan dan Arsip realisasi fisik 90,38 persen, realisasi keuangan 68,62 persen. RSUD Siak realisasi fisik 86,12 persen, keuangan 81 persen.

APBN Selama ini dalam Rapat RFK, SKPD belum pernah melaporkan realisasi program yang digulirkan dari dana APBN, Bupati Syamsuar meminta untuk tahun depan seluruh SKPD bisa melaporkan program yang digulirkan dari pusat, hal itu penting agar semua kegiatan pembangunan terpantau.
“Ke depan, realisasi dari dana APBN juga dilaporkan. Jangan sampai setelah ada masalah baru kita tahu,” kata Bupati.

 

Sumber riaumandiri.co, Kamis 17 Desember 2017

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top