Baznas Kabupaten Siak Serahkan Zakat di Kecamatan Bungaraya

Baznas Kabupaten Siak Serahkan Zakat di Kecamatan Bungaraya

Baznas Kabupaten Siak Serahkan Zakat di Kecamatan Bungaraya

No Comments on Baznas Kabupaten Siak Serahkan Zakat di Kecamatan Bungaraya

Bungaraya (19/04) – “Alhamdulillah saya sangat bersyukur dapat bantuan beras dan sembako serta uang dari Baznas Siak,” kata Yatini, Rabu (18/04/2018) sore.

Yatini, 64 tahun warga Buantan Lestari Kecamatan Bungaraya terharu saat dirinya menerima bantuan zakat dari Baznas Kabupaten Siak.

Menurutnya, apa yang sudah dilakukan pihak Baznas tersebut sudah tepat. Tidak semua masyarakat hidup berkecukupan. Oleh karena itu warga yang kurang mampu antusias melangkahkan kakinya menuju ke Musjid Almujahirin Bungaraya, untuk menerima bantuan tersebut.

“Alhamdulillah, terimakasih atas bantuan yang diberikan kepada kami,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Bupati Siak Alfedri berharap, Kecamatan Bungaraya tahun depan zakat pertaniannya mengalami peningkatan, karena semua kampung dan Gapoktan sudah terbentuk Unit Pengumpulan Zakatnya.

“Kita mengharapkan semua upz di Kecamatan Bungaraya dapat bekerja aktif dengan baik. Sehingga tahun depan target terkumpul di kecamatan Bungaraya sesuai dengan yang di harapkan,” tegas Alfedri.

Alfedri sebut, zakat ini kewajiban bagi setiap muslim. Untuk zakat pertanian ini nisapnya 663 kg tidak sampai satu ton sudah wajib di keluarkan sebesar5 % dari hasil tanaman yang di panen.

“Kalau kita menunaikan zakat, secara tak langsung akan berdampak kepada kehidupan sosial, seperti orang susah dapat terbantu, dapat membiayai pendidikan orang yang tidak mampu. Juga berdampak pada kehidupan kita secara pribadi, hidup mejadi tenang, berkah, rezeki pun bertambah,” tutur Alfedri.

Masih kata Alfedri, harta itu ibarat air, carilah dari sumber yang jernih, lalu alirkan ke tempat-tempat yang membutuhkan. Sedang harta yang disimpan tidak mengalir dan mampet justru dapat membusukkan jiwa.

Penyaluran zakat tahap I tahun 2018 di Kecamatan Bungaraya dengan pola konsumtif di berikan kepada 60 orang. Sedangkan zakat produktif sebanyak lima ekor sapi diberikan kepada lima orang warga tidak mampu. Untuk Kecamatan Bungaraya pemungutan zakat yang di mulai dari bulan Desember sampai dengan bulan Maret tahun 2018 dengan total keseluruhan jumlah Rp. 394,613,130.

Sumber Humas Pemkab Siak, (19/04/18).
Publish by Diskominfo Siak/doliwtr*

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top