BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Sedikit Lebih Tinggi

BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Sedikit Lebih Tinggi

BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Sedikit Lebih Tinggi

No Comments on BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Sedikit Lebih Tinggi

Bank Indonesia memprediksikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III diperkirakan sedikit lebih tinggi dari periode sebelumnya. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat akibat didorong oleh belanja modal pemerintah walaupun aktivitas sektor swasta masih berjalan relatif lambat.

“Pertumbuhan ekonomi terutama didukung oleh akselerasi investasi pemerintah, sejalan dengan meningkatnya realisasi belanja modal pemerintah,” ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Kamis (15/10).
Lanjut Tirta, hal itu tercermin dari meningkatnya belanja modal dan meningkatnya proyek-proyek pemerintah yang telah memasuki tahap konstruksi.

“Kegiatan investasi yang meningkat juga dikonfirmasi oleh kenaikan penjualan semen dan perbaikan penjualan alat berat untuk konstruksi,” lanjut dia.
Sementara itu, masih kata dia, investasi swasta masih relatif terbatas, namun diperkirakan akan meningkat seiring dengan rangkaian paket kebijakan pemerintah, termasuk berbagai deregulasi yang mendukung iklim investasi.
Di sisi lain, indikator konsumsi, seperti penjualan eceran dan tingkat keyakinan konsumen, meskipun masih melemah namun mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan seperti meningkatnya penjualan kendaraan bermotor.
Lebih jauh dia mengemukakan, sejalan dengan itu, perbaikan ekspor diperkirakan akan berlangsung secara bertahap (gradual) seiring dengan pertumbuhan ekonomi dunia yang belum secepat perkiraan semula.

“Secara keseluruhan tahun, pertumbuhan ekonomi diperkirakan berada pada kisaran 4,7-5,1 persen pada 2015,” paparnya.
Dia menuturkan, konsistensi pemerintah dalam mendorong reformasi struktural melalui berbagai paket kebijakan ekonomi dan realisasi proyek-proyek infrastruktur diperkirakan akan mendorong perekonomian semakin baik. (okz/mel)

Sumber riaumandiri.co, Jumat 16 Oktober 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top