BMKG Deteksi 11 Titik Panas di Riau

BMKG Deteksi 11 Titik Panas di Riau

BMKG Deteksi 11 Titik Panas di Riau

No Comments on BMKG Deteksi 11 Titik Panas di Riau
Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi sebanyak 11 titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan tersebar di Riau, Senin (18/7/2016).

“11 titik panas yang terpantau satelit Terra dan Aqua pukul 16.00 WIB terdeteksi di enam kabupaten di Riau,” kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin.

Ia merincikan, Kabupaten Kampar dan Pelalawan masing-masing terpantau tiga titik panas. Di wilayah Kampar, titik panas terpantau di Kecamatan Kampar Kiri dua titik dan satu di Bangkinang. Sementara di Pelalawan, titik panas tersebar di Ukui dan Pelalawan.

Selanjutnya, lima titik panas sebagai indikasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan tingkat kepercayaan diatas 50 persen terpantau di Kuantan Singingi dua titik serta satu lainnya di Siak, Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu.

Dari seluruh titik panas tersebut, tidak ada yang dipastikan titik api atau indikasi kuat yang menyebutkan adanya Karhutla.

Namun begitu, BMKG merilis jika sebagian wilayah Riau akan diguyur hujan pada Senin sore ini. “Berdasarkan intepretasi citra radar cuaca pukul 17.20 WIB, hujan dengan intensitas ringan terjadi di sejumlah wilayah,” lanjut Sugarin.

Beberapa wilayah yang diprediksi hujan yang disertai petir dan angin kencang itu diantaranya adalah Rokan Hulur, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Kampar, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kuansing, Pelalawan dan Siak.

Lebih jauh, ia mengatakan hujan yang diprediksi berlangsung hingga pukul 19.45 WIB dapat meluas ke wilayah Kota Pekanbaru.

Keberadaan titik panas sebagai acuan adanya Karhutla di Riau terus fluktuatif namun cenderung menurun. Sepanjang 2016 ini, Riau disebut berhasil mengatasi masalah Karlahut dengan menekan angka luasan kebakaran.

Tahun ini juga merupakan yang pertama kalinya wilayah itu tidak terpapar kabut asap. Seluruh personil yang tergabung dalam Satgas Karlahut terus berupaya melakukan pencegahan dan penanggulangan seperti membangun ribuan sekat kanal dan penegakan hukum.

Sumber kapurnews.com, Selasa 19 Juli 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top