BPBD Siak: Tahun Ini Ada Tiga Kampung Dipilih Sebagai Kawasan Tangguh Bencana

BPBD Siak: Tahun Ini Ada Tiga Kampung Dipilih Sebagai Kawasan Tangguh Bencana

BPBD Siak: Tahun Ini Ada Tiga Kampung Dipilih Sebagai Kawasan Tangguh Bencana

No Comments on BPBD Siak: Tahun Ini Ada Tiga Kampung Dipilih Sebagai Kawasan Tangguh Bencana

Sejak awal tahun 2016 lalu, terdapat Tiga kampung di Kabupaten Siak yang terpilih dan mendapat perhatian istimewa dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Siak. Mengingat ketiga kampung tersebut merupakan kawasan yang rawan terjadi bencana.

Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala BPBD Siak Wan Abdul Razak, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penyiagaan BPBD Siak Winda Syafril. Bahwasanya sejak awal tahun 2016 lalu, telah dibentuk petugas khusus di tiga kampung yang ditunjuk sebagai daerah/kawasan tangguh bencana.

“Pada tahun 2016 ini, terdapat Tiga kampung di Kabupaten Siak yang kita tunjuk sebagai daerah tangguh bencana, yakni Kampung Dayun, Mengkapan, dan Rawang Air Putih,” terang Winda Syafril, Selasa (4/10/2016) saat ditemui di ruang kerjanya.

Dipilihnya 3 kampung sebagai daerah tangguh bencana tersebut, berdasarkan hasil kajian BPBD Siak, yang menilai bahwa ketiga kampung itu berpotensi kerap terjadi musibah/bencana alam, seperti Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), banjir, dan sejumlah bencana ringan lainnya.

“Berdasarkan hasil kajian BPBD Siak, ketiga kampung yang dipilih sebagai daerah tangguh bencana itu, merupakan daerah yang berpotensi kerap terjadi bencana alam seperti Karlahut dan banjir, sehingga di situ kami membentuk sejumlah petugas khusus yang difasilitasi oleh BPBD Siak, untuk senantiasa siaga guna mengantisipasi terjadinya musibah bencana, baik ketika musim panas (kemarau, red) maupun saat musim penghujan,” lanjutnya.

Di samping itu, BPBD Siak juga rutin memberikan sosialisasi dan bimbingan kepada segenap masyarakat yang ada di Tiga kampung tangguh bencana di Kabupaten Siak itu. Khususnya mengenai kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Karena hampir 90% bencana yang terjadi di Wilayah Kabupaten Siak ini merupakan ulah dan kelalaian manusia (masyarakat, red) itu sendiri.

“Sebagai fasilitator tangguh bencana, kami (BPBD Siak, red) juga tidak henti-hentinya memberikan pengarahan dan bimbingan kepada segenap masyarakat dan petugas yang ada di Kampung tangguh bencana itu, terutama mengenai kepedulian terhadap lingkungan sekitar, karena secara garis besar musibah bencana yang kerap terjadi di Kabupaten Siak ini, merupakan kelalaian dan kurangnya kepedulian masyarakat setempat terhadap lingkungannya sendiri,” tutupnya.

Sumber infosiak.com, Selasa 04 Oktober 2016

linked in share button

Leave a comment

Back to Top