BPPKP Siak Serahkan Bantuan 10 Ribu Benih Cabe Pada Lurah Sungai Mempura

BPPKP Siak Serahkan Bantuan 10 Ribu Benih Cabe Pada Lurah Sungai Mempura

BPPKP Siak Serahkan Bantuan 10 Ribu Benih Cabe Pada Lurah Sungai Mempura

No Comments on BPPKP Siak Serahkan Bantuan 10 Ribu Benih Cabe Pada Lurah Sungai Mempura

Dalam pengembangan kawasan Agropolitan yang merupakan kawasan ekonomi berbasis pertanian, dan bercirikan komoditas unggulan. Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Siak, Syahrial menyerahkan bantuan sebanyak delapan bungkus benih cabe atau terhitung kurang lebih 10 ribu benih biji cabe kepada Kelurahan Sungai Mempura, Kecamatan Mempura, Senin (21/11/16).

Dari delapan bungkus benih biji cabe tersebut, terdapat 4 bungkus benih biji cabe merah panjang dan empat bungkus benih biji cabe rawit. Dalam program Agropolitan, kebutuhan cabe untuk satu Rumah Tangga atau per KK sebanyak 10 batang.

Lokasi pembibitan tersebut langsung dilakukan di perkebunan belakang Kantor Kelurahan Sungai Mempura. Lurah Mempura beserta jajaran dan 18 RT serta 5 Kepala Lingkungan (Kaling) lansung melakukan pembibitan yang terlebih dahulu mengisi Polybag dengan tanah.

Melihat keseriusan mereka, Kepala BPPKP Siak Syahrial mengatakan dengan diberikan bantuan tersebut, “Kita harapkan semoga kita semua khususnya ibu-ibu untuk selalu semangat bercocok tanam Holtikultura ini,” papar Kepala BPPKP Siak Syahrial, saat dijumpai usai menyerahkan bantuan bibit cabe kepada Lurah Sungai Mempura.

Syahrial juga mengatakan program Agropolitan cabe ini dapat dikembangkan lagi dengan sebaik mungkin.

“Kalau program ini dikembangkan dengan sebaik mungkin, kedepannya bapak dan ibu sekalian tidak perlu bersusah payah lagi untuk keperluan tambahan. Apalagi pada kondisi saat ini harga sembako tidak terjangkau oleh kita,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Sungai Mempura Indra Mulia mengatakan bahwa kedatangan Kepala BPPKP Siak ini kedepannya bisa meningkatkan semangat bapak dan ibu yang hadir, agar terus membudidayakan tanaman Holtikultura di pekarangan rumah mereka masing-masing.

Masyarakat tambah Indra, dapat merawat sebaik-baiknya dan hal ini juga bisa dijadikan sebagai rangsangan bagi masyarakat serta motivasi menanam tanaman cabe.

“Apalagi untuk mengantipasi melonjaknya harga sembako di pasaran, dengan demikian bisa untuk meringankan biaya kebutuhan sehari-hari,” ucap Lurah menambahkan.

Indra juga mengatakan, penyerahan benih cabe ini sekaligus dilakukan penyemaian oleh masyarakat Kelurahan Sungai Mempura, dimana penyemaian selama 15 hari, terhitung mulai dari hari ini hingga 15 hari kemudian. Dan saat benih cabe sudah mulai tumbuh nanti, Kelurahan akan menyerahkannya kepada masyarakat. Per KK akan diberikan sebanyak 10 batang melalui Kepala Lingkungan, RT maupun RW.

“Setelah mencapai 15 hari, bibit cabe ini akan diserahkan kepada warga Kelurahan Sungai Mempura melalui Kepala Lingkungan (Kaling), RT dan RW yang mana terdiri dari 18 RT dan 5 kepala lingkungan,” tutupnya.

Sumber infosiak.com, Rabu 23 November 2016

linked in share button

Leave a comment

Back to Top