BPPT Kembangkan Biofuel Untuk Bahan Transportasi

BPPT Kembangkan Biofuel Untuk Bahan Transportasi

BPPT Kembangkan Biofuel Untuk Bahan Transportasi

No Comments on BPPT Kembangkan Biofuel Untuk Bahan Transportasi

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus melakukan pengembangan energi baru dan terbarukan untuk bahan transportasi.

Dalam pengembangan energi ini pihaknya selalu bekerjasama dengan Kementerian ESDM, termasuk uji coba penggunaan biodiesel untuk capai 20 persen.

“Kedepan kita akan minta rekomendasi-rekomendasi sampai berapa persen kemampuan biodiesel ini bisa dipakai di kendaraan. Misalnya mungkin dengan cara modifikasi mesin atau  apa,” kata Kepala BPPT Unggul Priyanto usai acara refleksi akhir tahun BPPT 2015 di Auditorium BPPT, Jakarta, Senin (21/12).

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengembangkan teknologi produksi biodiesel, sehingga  biodiesel ini, biaya produksinya bisa lebih menurun lagi. ”Kedepan biodiesel ini bisa kompetitif bersaing dengan solar,” paparnya.

Menurutnya, selain pengembangan biodiesel, pihaknya juga mendorong penggunaan energi panas bumi. “Sebaiknya kita tidak hanya bermain energi panas bumi skala besar saja, tapi juga untuk skala kecil,” tandasnya.

Disebutkan, pengembangan energi panas bumi skala kecil ini, terutama untuk daerah-daerah yang selama ini masih menggunakan diesel, dan kebetulan juga punya potensi sumber panas bumi seperti NTT, NTB, Maluku dan juga Maluku Utara.

Ia menambahkan, pihaknya juga mendorong pemanfaatan solar dengan mengkombinasikan dengan sumber potensi energi terbarukan yang lain, seperti angin dengan cara yang tidak banyak menggunakan baterai atau yang biasa disebut dengan smart grid.

“Jadi target penggunaan biofuel itu 20 persen, dan ke depan diharapkan bisa lebih besar lagi. Bahkan kita juga telah melakukan pengujian penggunaan biofuel itu tidak hanya di transportasi, tapi juga di pembangkit listrik seperti diesel, malah itu bisa mencapai 50 persen, karena namanya seperti diesel itu kan tidak mobile,” ungkapnya.

Sumber, InfoPublik.id Selasa, 22 Desember 201509:55 am

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top