Buah-buahan Ini Bisa Diandalkan untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Buah-buahan Ini Bisa Diandalkan untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Buah-buahan Ini Bisa Diandalkan untuk Bantu Turunkan Berat Badan

No Comments on Buah-buahan Ini Bisa Diandalkan untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Sedang menjalani program penurunan berat badan? Untuk camilan, ada baiknya memasukkan buah-buahan yang diyakini bisa bantu turunkan bobot. Buah apa saja?
Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, berikut ini daftar buah-buahan yang bisa menjadi camilan Anda untuk membantu menurunkan berat badan:

1. Makan Apel Bersama Kulitnya
Penelitian University of Iowa membuktikan ursolic acid dalam kulit apel tidak hanya bermanfaat bagi otot tetapi juga bisa mempengaruhi metabolisme lemak. Selain meningkatkan pembakaran lemak, senyawa ini juga meningkatkan pembentukan lemak baik. Penelitian juga membuktikan bahwa ursolic acid bisa meningkatkan kadar lemak cokelat atau lemak baik. Peningkatan kadar lemak baik berhubungan dengan pembakaran lemak jahat yang lebih efisien. Meski penelitian baru dilakukan pada tikus, namun ditengarai memberikan efek yang tak jauh berbeda pada manusia.

2. Anggur
Menurut studi yang dipublikasikan di Journal of Nutritional Biochemistry, anggur memiliki manfaat hebat mengikis lemak di tubuh karena adanya beragam antioksidan yang disebut polifenol. Anggur juga meningkatkan keragaman mikroba dan sekaligus menekan jumlah bakteri merugikan di usus. Peneliti di University of Texas Health Science Center di San Antonio juga pernah mengklaim senyawa resveratrol yang ditemukan dalam anggur memberikan banyak manfaat kesehatan. Resveratrol mengandung antioksidan dan sifat positif lainnya. Nah, senyawa resveratrol bisa merangsang ekspresi adiponektin, yakni hormon yang berasal dari sel-sel yang menghasilkan dan menyimpan lemak. Adiponektin ini ditengarai memiliki banyak efek menguntungkan pada komplikasi medis terkait obesitas.

3. Buah-buahan Jenis Berry
Hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Loughborough University, Inggris menemukan orang-orang yang terbiasa ngemil buah berry mengonsumsi energi yang sama namun dengan jumlah 134 kalori lebih sedikit. Ini sebabnya jika Anda berhasil menjauhkan diri dari segala camilan tak sehat dan menggantinya dengan berry secara teratur berat badan bisa turun minimal 6 kg per tahun. Buah-buahan jenis berry yang bisa dimakan yakni acai atau goji, stroberi, raspberry, blackberry ataupun blueberry.

4. Semangka
American Dietetic Association melaporkan bahwa semangka adalah 91 persen mengandung air. Kandungan air ini dapat bertindak sebagai diuretik alami.
Sedangkan Mayo Clinic menjelaskan efek diuretik pada semangka membuat orang akan sering buang air kecil, sehingga mengurangi jumlah retensi air dalam tubuh. Retensi air dalam tubuh ini yang sering menyebabkan perut buncit. Semangka juga memiliki kepadatan energi yang rendah sehingga bisa membuat kenyang tanpa perlu menambah banyak asupan kalori. Dua porsi (mangkok) semangka hanya mengandung 80 kalori, sehingga bisa sangat membantu menurunkan berat badan.

5. Pisang
Kalium, kolin dan semua jenis vitamin B ada dalam pisang. Kandungan-kandungan ini mencegah tubuh menyimpan lemak, terutama di area perut. Kandungan tersebut mempercepat proses pembakaran lemak karena kemampuannya dalam memengaruhi gen penyimpan lemak secara langsung di dalam tubuh. Kalium dalam pisang juga bisa membantu mencegah retensi air dalam tubuh. Sehingga bisa mengurangi kembung ataupun tumpukan cairan dalam tubuh.

Sumber, detik.com Kamis, 28/07/2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top