Buka Porseni PGRI 2016, Muhajir: Guru Menentukan Masa Depan Bangsa

Buka Porseni PGRI 2016, Muhajir: Guru Menentukan Masa Depan Bangsa

Buka Porseni PGRI 2016, Muhajir: Guru Menentukan Masa Depan Bangsa

No Comments on Buka Porseni PGRI 2016, Muhajir: Guru Menentukan Masa Depan Bangsa
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Muhadjir Efendi mengatakan, Pekan Olahraga dan Seni PGRI merupakan momentum luar biasa yang dilaksanakan para guru sebagai ujung tombak pendidikan bangsa. Sebab, keberadaan guru sangat menentukan masa depan bangsa. 

Guru adalah orang yang menanam, tetapi tidak bisa memetik hasilnya dalam waktu singkat. Itulah kehebatan guru,” kata Muhadjir kala membuka Porseni PGRI tingkat nasional sekaligus menjadi inspektur upacara di Lapangan Tugu Siak, Senin (22/08/2016).

Acara berlangsung meriah yang diawali dengan penampilan devile lagu daerah seluruh Propinsi di Indonesia oleh panduan suara PGRI Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati H. Alfedri, Gubernur H Arsyadjuliandi Rachman, Plt Ketua Umum PB PGRI, Unifah Rosyidi, Kapolda, Ketua Pengurus PGRI seluruh Indonesia, Ketua DPRD Riau dan Kabupaten Siak, Bupati dan Walikota di Indonesia, Ketua LAM Riau dan Kabupaten Siak serta pejabat terkait.

Menurut Muhadjir, khusus peserta Porseni PGRI harus diingat kalau dalam pembentukan karakter ada tiga hal penting yang harus diketahui, disamping penguasaan materi. Pertama Etik, Estetik dan Ginestetik. Keterpaduan dari ketiga hal itu akan membentuk pribadi-pribadi karakter anak negeri yang baik.

“Ayo jadikan Porseni sebagai momentum dalam memahami ketiga konsep tersebut. Agar dalam menjalankan tugas sebagai pendidik bisa menghasilkan generasi muda yang andal bagi kemajuan negeri,” ajaknya.

Sementara itu, Gubernur ArsyaJuliandi Rachman mengatakan, Porseni PGRI menjadi ajang memperkenalkan kebudyaan dan istana peninggalan sejarah kerajaan Melayu Riau, agar menjadi salah satu tujuan wisata.

“Saya mengharapkan kreatifitas seni dan prestasi olahraga antar guru bisa terus meningkat. Kami ucapkan kepada peserta selamat mengikuti ajang kompetisi Porseni PGRI tingkat Nasional ini,” ujarnya.

Bupati Siak Drs H Syamsuar menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada Siak menjadi tuan rumah Porseni tingkat nasional Tahun 2016. “Semoga dengan kegiatan ini, Siak yang berjuluk Negeri Istana bisa kian dikenal masyarakat luas sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Riau dan Sumatera,” tukasnya.

Porseni akan menyelenggarakan beberapa cabang dan diikuti 1.031 peserta dan penggembira dari 34 Provinsi di Indonesia. Cabang olahraga dimaksud adalah bulu tangkis beregu, tenis meja beregu dan senam PGRI. Untuk cabang seni akan mempertandingkan nyanyian solo, melukis, tari tunggal, seni baca al-quran, dan kreatifitas pembelajaran. 

Adapun kegiatan memasak bubur asyura yang juga akan dilaksanakan merupakan kegiatan eksibisi untuk memperkenalkan kuliner khas dan tradisi masyarakat melayu Siak kepada tamu dan undangan.

“Selain dimaksudkan sebagai upaya promosi daerah dan ajang pelestarian kebudayaan daerah, Porseni diharapkan dapat menjadi wadah apresiasi kreatifitas dan sportifitas bagi para guru. Untuk itu saya ucapkan selamat bertanding kepada bapak dan ibu guru sekalian, dan selamat menikmati suasana Kota Siak ini sambil menyelami adat istiadat serta mencicipi juadah atau hidangan kuliner khas yang tersedia,” kata Syamsuar.

 

Sumber focusriau.com, Senin 22 Agustus 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top