Bupati: Pembangunan Siak Berbasis Lingkungan

Bupati: Pembangunan Siak Berbasis Lingkungan

Bupati: Pembangunan Siak Berbasis Lingkungan

No Comments on Bupati: Pembangunan Siak Berbasis Lingkungan

Sadar akan tantangan pembangunan yang tidak ramah lingkungan, Pemerintah Kabupaten Siak kedepannya lebih mengedepankan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Namun tidak hanya konsep pembangunan pemerintah saja, swasta juga wajib mendorong pembangunan yang berbasis lingkungan ini.

Sengaja hal tersebut dilakukan karena Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi menyadari jika tidak dimulai dari saat ini, potensi kerusakan alam bisa semakin besar dan mengancam manusia.

‘’Jika bukan kita, siapa lagi,’ ujar Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, Jumat (11/3).
Dalam mewujudkan itu, hal utama dimulai dari lokasi, perizinan dan juga tata kelola lingkungan.

Pemkab sendiri menyadari pentingnya lingungan, sebab hal ini menyangkut hajat hidup orang banyak.

Menurut Syamsuar, pembangunan berwawasan lingkungan adalah pembangunan berkelanjutan yang mengoptimalkan manfaat sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan cara menserasikan aktivitas manusia dengan kemampuan sumber daya alam untuk menopangnya.

‘’Daya dukung alam ternyata semakin tidak seimbang dengan laju tuntutan pemenuhan kebutuhan hidup penduduk,’’ sebut dia.

Maka, proses perencanaan dan pengambilan kebijakan oleh lembaga-lembaga negara yang berkenaan dengan persoalan teknologi dan lingkungan hidup menuntut adanya pemahaman yang komprehensif dari aktor pengambil kebijakan mengenai masalah terkait.

Pemahaman ini berangkat dari pengetahuan secara akademis dan diperkuat oleh data-data lapangan sehingga dapat menghasilkan skala kebijakan yang berbasis kerakyatan secara umum dan ekologi secara khusus.

 

Sumber riaupos.co, Sabtu 12 Maret 2016

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top