Bupati Sampaikan Keberhasilan di Pekanbaru Tata Kelola Pemerintahan

Bupati Sampaikan Keberhasilan di Pekanbaru Tata Kelola Pemerintahan

Bupati Sampaikan Keberhasilan di Pekanbaru Tata Kelola Pemerintahan

No Comments on Bupati Sampaikan Keberhasilan di Pekanbaru Tata Kelola Pemerintahan

Aplaus demi aplaus dari peserta Workshop Tata Kelola Pemerinahan, Optimalisasi Tata Kelola Pemerintahan Guna Meningkatkan Kinerja Pemerintahan Daerah datang silih berganti.

Mereka terenyuh, takkala Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi yang jadi narasumber best practice menyampaikan kiat-kiat keberhasilannya dalam mengelola tata pemerintahan di Kabupaten Siak.

Keberhasilan itu dibuktikan dari penilaian Indonesia Goverment Index (IGI), Kementerian Dalam Negeri dan Kemen-PAN yang menjadikan Kabupaten Siak sebagai daerah rujukan tak hanya di Riau tapi juga nasional.

‘’Kuncinya kemauan dan komitmen. Kepala dan wakil harus satu visi dan misi,’’ kata Syamsuar menyampaikan kiat keberhasilan tata kelola pemerintahan pada peserta workshop, di Hotel Primere Pekanbaru, Selasa (20/10).

Selain Syamsuar, narasumber lainnya dari akademisi UIR Indra Syafri SSos MSi dan Karo Administrasi Tata Pemerintahan Setdaprov Riau Dr Hj Rahima Erna.

Dihadapan peserta Syamsuar dengan tegas menjelaskan, komitmen untuk memajukan daerah dengan inovasi dan terobosan, sudah diniatkannya. Awal bertugas, setelah dilantik, komitmen itu diwujudkannya. Memang dalam implementasinya di lapangan tak mudah. Akan tetapi dengan kemauan dan kerja keras semua itu bisa terwujud.

‘’Saya sama pak wakil, sampai subuh mendampingi pegawai dalam penyusunan pelaporan keuangan, aset, pelimpahan kewenangan dan lainnya,’’ sebut orang nomor satu di Siak ini.

Menurut dia, terobosan dan inovasi ini semata-mata untuk kemudahan dan mensejahterakan masyarakat. Pelimpahan kewenangan misalnya, dalam bentuk pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten).

ni berawal takkala melihat kondisi antar kecamatan satu dengan lainnya dan ibu kota kabupaten cukup jauh dan memakan waktu. Dapat dibayangkan, jika perizinan masih di kabupaten, apa jadinya. Tentu terhambat.

Pelimpahan ini dimaksudkan agar tak ada kesulitan bagi warga. Memangkas birokrasi yang bertujuan memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyaakat.

‘’Sejak diberlakukan Paten, 74 kabupaten/kota dan provinsi sudah belajar ke Siak. Kemendagri menjadikan Siak sebagai percontohan,’’ kata dia yang disambut aplaus peserta.

Selain itu, bukan zamannya lagi, kepala daerah menekan perizinan. Cukup di tingkat kepala dinas, badan dan kecamatan. Masih banyak pekerjaan lainnya yang masih harus dikerjakan, dari pada urus perizinan.

Begitu juga dalam penataan reformasi birokrasi. Tugas pemerintah adalah melayani. Dalam setiap urusan pekerjaan ada SOP sehingga dapat diketahui sejauh mana pelayanan yang diberikan. Menyangkut dengan peningkatan SDM, Pemkab juga telah membuat Perda wajib belajar 12 tahun, dan gratis bagi anak-anak Siak.

Begitu juga dengan kesehatan, selain digratiskan lewat program Jamkesda juga menjalin kerja sama dengan rumah sakit di luar daerah dan kabupaten tetangga.

‘’Bagaimana dengan jalinan hubungan bersama legislatif, terutama menyangkut kebijakan dan program?’’ tanya peserta workhsop Tarmizi.

Dijelaskan Syamsuar, yang terpenting adalah komunikasi dan jangan ada kepentingan. Walau berbeda warna, akan tetapi jalinan komunikasi dan tugas tetap berjalan. ‘’Alhamdulillah, hubungan kami tetap baik. Bahkan pengesahan APBD empat tahun terakhir ini tepat waktu,’’ kata dia mantap.

Sebelumnya, Plt Gubri Arsyadjuliandi Rahman mengatakan, pengelolaan tata pemerintahan sangat diperlukan. Apalagi dalam mewujudkan good and clean goverment. Dijadikan Siak sebagai best practice, karena mereka sudah terbukti dan meraih prestasi dan penghargaan.

‘’Kepada seluruh kabupaten/kota agar benar-benar menggali pengalaman dari bupati Syamsuar, dalam pengelolaan tata pemerintahan untuk dipalikasikan di daerahnya masing-masing nantinya.

Sumber riaupos.co, Rabu 21 Oktober 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top