Bupati Siak Apresiasi Pawai Karnaval Untuk Memeriahkan HUT RI ke 72

Bupati Siak Apresiasi Pawai Karnaval Untuk Memeriahkan HUT RI ke 72

Bupati Siak Apresiasi Pawai Karnaval Untuk Memeriahkan HUT RI ke 72

No Comments on Bupati Siak Apresiasi Pawai Karnaval Untuk Memeriahkan HUT RI ke 72

Ribuan peserta pawai karnaval dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 72, di Negeri Istana berlangsung meriah. Pelepasan pawai karnaval ini dipusatkan di depan RSUD Tengku Rafian Jalan Raja Kecik Kota Siak Sri Indrapura, Rabu (16/8/17) petang.

Tampak ribuan peserta yang mengikuti festival pawai karnaval  memadati Jalan Raja Kecik. Ragam pakaian daerah se-nusantara menghiasi peserta pawai karnaval tahun 2017 ini. Terlihat antusias masyarakat Kota Siak juga cukup tinggi. Ini terbukti dengan ribuan masyarakat Kota Siak yang tumpah ruah turut menyaksikan disepanjang Jalan Raja Kecik.

Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si seusai melepas peserta karnaval mengapresiasi acara karnaval pada tahun ini. Apalagi pada tahun ini juga diikuti peserta dari Sekolah Luar Biasa (SLB) yang turut ambil bagian untuk memeriahkan HUT RI ke 72.

Menurut Bupati Siak, karnaval ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat generasi muda terutama para pelajar agar lebih cinta dengan tanah air Indonesia. Dalam rangka merekat persatuan dan kesatuan bangsa, menjaga jiwa patriotisme, dan nasionalisme yang dimulai pada anak-anak agar mereka senantiasa cinta tanah air.

 Sementara itu, laporan ketua panitia karnaval tahun 2017 yang disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Siak Suprapto menyebutkan, tema pawai karnaval pada tahun ini adalah “Ragam Budaya Nusantara.” Dipilihnya tema ini bertujuan untuk mengenalkan ragam budaya kepada siswa/siswi mulai tingkat TK sampai dengan tingkat SLTA.

Peserta yang mengikuti pawai karnaval ini berasal dari siswa/siswi dua kecamatan yaitu Kecamatan Siak dan Mempura dengan rincian jumlah sekolah yang ikut memeriahkan, TK RA dengan berjumlah 16, SD MI berjumlah 23, SMP/MTS berjumlah 9, SMA/MA berjumlah 5, dan SMK berjumlah 3. Dengan total jumlah peserta pawai karnaval sebanyak 5600 peserta. Tahun ini festival karnaval diperlombakan dan pemenangnya akan memperoleh hadiah yaitu untuk juara 1, 2, dan 3 diberikan berupa tropi dan sertifikat.

Diantara ratusan peserta pawai karnaval yang melintas didepan pentas Bupati, salah satunya peserta SLB Siak yang membuat masyarakat dan para undangan dibuat terharu. Saat mendengarkan protokol membacakan sinopsis peserta SLB yang berbunyi “Dunia ABK (Anak berkemampuan khusus) adalah dunia yang amat menantang tetapi mulia, Menantang karena masa depan, tingkat kesulitan dan kekhususannya. Mulia karena memuliakan manusia.

Mereka sering dilupakan, tidak diinggatkan kalaupun ingat sering tidak dicatat. Kalaupun dicatat sering mereka tidak diangap. Kalaupun diangap seting tidak dilayani, tertatih-tatih memburu dalam kesempatan, mereka juga anak bangsa yang punya hak hidup, belajar dan pelayanan.” Sontak seluruh para undangan dan masyarakat bertepuk tangan dan membuat Bupati Siak terenyum gembira melihat begitu semangatnya para siswa SLB berjalan dan melintas dihadapan undangan.

Pawai karnaval tersebut berakhir didepan Masjid Al Fatah untuk peserta tingkat TK dan SD. Sedangkan peserta tingkat SMP dan SMA sederajat berakhir di turap Pasar Siak. Selain dihadiri oleh Bupati Siak, juga tampak hadir Wakil Bupati Siak, Ketua DPRD Siak, dan pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Siak.

Sumber : Humas Kab. Siak, 16 Agustus 2017

 

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top