Bupati Siak Berharap Penghulu Manfaatkan Dana Desa Untuk Menciptakan Inovasi dan Produk Unggulan

Bupati Siak Berharap Penghulu Manfaatkan Dana Desa Untuk Menciptakan Inovasi dan Produk Unggulan

Bupati Siak Berharap Penghulu Manfaatkan Dana Desa Untuk Menciptakan Inovasi dan Produk Unggulan

No Comments on Bupati Siak Berharap Penghulu Manfaatkan Dana Desa Untuk Menciptakan Inovasi dan Produk Unggulan

Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si, Rabu (22/11/17) membuka Rapat Koordinasi Pemerintahan Daerah Tahun 2017, yang dilaksanakan di Gedung Kesenian, Kecamatan Siak.

Dalam sambutannya, Bupati Siak mengatakan Rapat Koordinasi yang di hadiri oleh Camat, Penghulu, Lurah, Bhabinkamtibmas, Ketua Bapekam, dan Ketua LPM ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya aparatur daerah, agar berperan sebagai pemimpin yang cerdas dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, untuk mendukung tercapainya keberhasilan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Kabupaten Siak, serta sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Siak.

Untuk tahun 2017, tema yang diangkat adalah “Melalui Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintahan Daerah Kita Tingkatkan dan Wujudkan Kapasitas Aparatur Pemerintah Kampung, Dalam Tata Kelola Pemerintahan Kampung Menuju Kampung yang Mandiri, Kreatif, dan Inovatif.”

Masih kata Bupati Siak, tahun 2018 pemerintah melalui Kementerian Desa telah menerbitkan PERMENDESA Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa, agar penggunaan dana tersebut tidak hanya terfokus pada bidang pembangunan atau insfrastruktur.

“Prioritas penggunaan Dana Kampung tersebut, antara lain Pengembangan Produk Unggulan Desa (PRUDES)/ Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (PRUKADES), Badan usaha Milik Kampung (BUMKAM), Embung Desa, dan Sarana Olah Raga Desa,”  kata Datuk Setia Amanah itu.

Oleh karena itu, Bupati Siak berharap setiap kampung bisa menciptakan sebuah inovasi maupun sebuah produk unggulan ciri khas kampungnya. Seperti contoh Kampung Dosan Kecamatan Pusako, pada tahun 2006 lalu mewakili Provinsi Riau ditingkat nasional dengan inovasi merevitalisasi Danau Naga Sakti  menjadi objek wisata baru di Kabupaten Siak.

“Saya memberikan apresiasi kepada kampung dan penghulu yang sudah berprestasi, dan jadikan ini sebagai motivasi bagi kampung dan penghulu yang ada di Kabupaten Siak agar bisa berinovasi demi memajukan kampungnya,” harap orang nomor satu di negeri istana.

Pembukaan rakor ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Siak yang disaksikan oleh peserta rampat koordinasi.

Sumber : Humas Kab. Siak, 23 November 2017

 

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top