Bupati Siak Berharap Setiap Kampung Punya Produk Unggulan

Bupati Siak Berharap Setiap Kampung Punya Produk Unggulan

Bupati Siak Berharap Setiap Kampung Punya Produk Unggulan

No Comments on Bupati Siak Berharap Setiap Kampung Punya Produk Unggulan

Bertempat di Masjid Nur Huda, Kelurahan Mempura, Senin (29/5/17) malam, Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si melakukan Safari Ramadhan Perdana di Kecamatan Mempura. Dihadapan jamaah masjid Bupati Siak menyampaikan himbauan agar menjaga keamanan daerah dan tidak terpengaruh terhadap isu-isu negatif yang terus berkembang belakangan ini. Lebih lanjut Bupati Siak juga meminta kepada masyarakat untuk memperkuat kerukunan umat beragama dan meningkatkan persaudaraan antar sesama.

Dihadapan jemaah Bupati Siak menceritakan saat dirinya bersama Wakil Bupati Siak  Drs. H. Alfedri, M.Si dan seluruh Bupati/Walikota se Indonesia, mengikuti orientasi kepemimpinan di Jakarta. Mereka diberi pembekalan oleh Menteri Dalam Negeri, Panglima TNI, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Selain itu Bupati Siak juga meminta agar di setiap desa/kampung  memiliki produk unggulan. Bagi yang sudah ada, bisa fokus untuk mengembangkan produk unggulannya, seperti halnya di Kelurahan Mempura ini, terkenal dengan duriannya atau sempedas ikan patin . Selain menetapkan produk unggulan, desa/kampung juga didorong untuk mendirikan Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam), karena, dana kampung melalui BUMKam dapat menjadi stimulus pembangunan di daerah.

Bupati Siak berharap, BUMKam nanti bukan menjadi sumber utama pembangunan kampung, melainkan sumber utama nantinya yakni kampung mempunyai sarana ekonomi sendiri yang bisa membuat kampung itu mandiri secara finansial dan membuka lapangan kerja.

Kabupaten Siak sejak tahun 2012 sudah  membuat BUMkam, bahkan sudah ada kampung yang menjadi percontohan di Riau. Kampung Seminai Kecamatan Kerinci Kanan telah berhasil mengelola dana kampung dari 500 juta menjadi 6 milyar. Selanjutnya prioritas dana desa/kampung,  bisa digunakan untuk membuat embung air atau infrastruktur sumber air yang berguna untuk pertanian, dan perikanan.

Selain itu,  Bupati Siak juga menyinggung pembangunan Tugu Kemerdekaan di depan Istana. Beliau katakan, tujuan dibangunnya tugu tersebut adalah untuk mengingatkan anak-anak Siak, anak-anak Riau bahkan Indonesia, agar mengetahui perjuangan dari Sultan Siak.

Sumber : Humas Kab. Siak, 30 Mei 2017

 

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top