Bupati Siak : Mari Gali Kembali Tradisi Budaya Melayu Yang Hampir Dilupakan

Bupati Siak : Mari Gali Kembali Tradisi Budaya Melayu Yang Hampir Dilupakan

Bupati Siak : Mari Gali Kembali Tradisi Budaya Melayu Yang Hampir Dilupakan

No Comments on Bupati Siak : Mari Gali Kembali Tradisi Budaya Melayu Yang Hampir Dilupakan

Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi, Melepas kegiatan Ghatib Beranyut yang di ikuti oleh seluruh  masyarakat yang ada di Siak, acara tersebut dimulai dari Pelabuhan Lasdap Siak, dengan beranyut menggunakan feri hingga sampai menuju Pelabuhan Feri Belantik.

Acara ini Guna untuk mengali kembali tradisi kebudayaan Melayu yang telah lama hampir dilupakan dan juga bertujuan untuk menjauhkan dari segala macam musibah dan marabahaya di Kabupaten Siak ini, melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan olahraga, taja kegiatan ghatib beranyut yang di ikuti oleh masyarakat, baik yang berada di Kecamatan Siak maupun Kecamatan Mempura, Jumat (20/11/2015).

Ketua Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat melayu Kabupaten Siak H Wan Anwar, mengatakan, kegiatan ini telah dilaksanakan setiap tahunnya, yang dimulai dari Pelabuhan Lasdap hingga ke Feri Penyebrangan Belantik, menggunakan feri, serta 30 perahu mesin, dengan kapasitas untuk 1 perahu mesin di isi 10 orang.

Hal senada juga diungkapkan oleh Datuk Setia Amanah Drs H syamsuar Msi mengatakan dalam rangka mengikuti kegiatan religius Ghatib beranyut pada malam hari ini, dimaksudkan untuk menolak bala serta musibah yang dilaksanakan pada bulan safar. sebagai mana harapannya bahwa ini juga merupakan kegiatan rutin dari tahun sebelum nya.

Datuk Setia Amanah berharap kepada yang mengikuti ghatib beranyut nantinya, bisa khusyuk untuk mengikuti ghatib beranyut tersebut, sehingga apa saja yang kita inginkan dikabulkan oleh Allah Swt.

Beliau menambahkan, Selain itu kegiatan ini juga harus kita pertahankan dan kita lestarikan, karena belum pasti ada daerah lain yang membuat kegiatan malam seperti ini.

Kegiatan ini telah dilaksanakan dari Zaman Kerajaan Siak dahulu, untuk itu harus kita lestarikan. kegiatan ini juga bersempena dengan hari Sultan Siak, sehingga moment ini juga kita peringati. inilah yang patut kita perbuat untuk negeri ini, agar negeri ini menjadi aman dan damai serta terhindar dari marabahaya dan musibah. ini lah yang harus kita gali dari potensi sejarah tersebut dan di kemas dengan langkah langkah maju yang harus kedepan nya kita laksanakan ujar Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi.

 

Source: RPK dan Infokom Kab. Siak, Sabtu 21 November 2015 20:30 WIB/M

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top