Bupati Siak : Percayakan Amil Zakat Yang Ditunjuk Oleh Pemerintah Untuk Kelola Zakat

Bupati Siak : Percayakan Amil Zakat Yang Ditunjuk Oleh Pemerintah Untuk Kelola Zakat

Bupati Siak : Percayakan Amil Zakat Yang Ditunjuk Oleh Pemerintah Untuk Kelola Zakat

1 Comment on Bupati Siak : Percayakan Amil Zakat Yang Ditunjuk Oleh Pemerintah Untuk Kelola Zakat

Dayun merupakan satu dari tujuh kecamatan yang bergabung dalam Program Siak Gemar Berzakat Baznas Kabupaten Siak. Setelah beberapa waktu lalu acara yang sama dilakukan di Kecamatan Koto Gasib kini giliran Kecamatan Dayun yang menjadi tempat pelaksanaan acara Gemar Berzakat. Tujuan kegiatan ini untuk mengopimalkan potensi zakat disetiap daerah. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Baznas Kabupaten Siak Abdul Rasyid Suharto saat memberikan kata sambutan pada acara Penyerahan Zakat konsumtif yang berlangsung di Mesjid Al-Munawaroh Kecamata Dayun, Minggu (11/6/17).

Acara ini dihadiri oleh Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si, Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si,  Kandepag Siak Muharom, serta ratusan mustahik calon penerima bantuan zakat. Di Riau satu-satunya kabupaten yang melaksanakan gerakan masyarakat berzakat ini, yaitu siak. Dalam bulan puasa ini pihaknya bersama pemerintah daerah akan mendistribusikan zakat tahap II pola konsumtif yang akan di serahkan kepada 189 Mustahik (Penerima) masyarakat Kecamatan Dayun dengan jumlah dana yang akan diserahkan sebesar Rp.102.600.000,- dengan masing-masing menerima Rp. 5.304,800,-

Untuk Tahap ketiga, Gemar Berzakat diadakan pada tanggal 12 Juni 2017 yang dilaksanakan di Kecamatan Lubuk Dalam. Dari total keseluruhan penyaluran zakat untuk tahap II ini berjumlah 1,5 Milyar. Untuk potensi zakat yang paling besar dari tujuh kecamatan masih di pegang oleh Kecamatan Siak dan Mempura dengan perolehan 500 sampai dengan 600 juta pertahun.

Sementara itu Bupati Siak dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya kita membayar zakat karena didalam harta yang kita miliki terdapat hak orang lain. Beliau menghimbau kepada warga Dayun percayakan amil zakat yang sudah ditunjuk oleh pemerintah, dan bagi pengurus UPZ kecamatan yang sudah berganti, hendaknya bersemangat untuk menghimbau, mengajak orang kaya yang ada di Dayun ini agar dapat dihimpun zakatnya.

Bupati Siak juga menambahkan pengurus hendaknya jujur dan transparan dalam mengelola dana umat, agar memunculkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini. Beliau mengajak untuk mendo’akan bersama-sama kepada orang-orang yang berkelebihan dan kecukupan rizki di Kabupaten Siak ini agar terbuka pintu hatinya serta mendapat hidayah dari Allah SWT, sehingga mereka tergerak hatinya untuk membayar zakat.

Dalam kesempatan itu Bupati Siak menyerahkan zakat hartanya senilai Rp 75 juta kepada panitia BAZ Kecamatan Dayun dan disaksikan oleh pegurus BAZ Kabupaten Siak, yang ditandai dimulainya Gerakan Siak Berzakat oleh BAZNAS Kabupaten Siak yang disusul beberapa orang Muzaki Dayun untuk  menyerahkan zakat hartanya.

Sejak dibukanya pendaftaran hingga acara selesai zakat harta yang terkumpul berjumlah Rp 115 juta. Sementara itu manajemen PT. BSP (Bumi Pusako Siak) menyerahkan bantuan Sembako kepada 200 kaum duafa yang ada di Kecamatan Dayun dan bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Siak dan didampingi Manajer CSR Danil Firdaus di Mesjid Al-Munawaroh Pasar Dayun.

Sumber : Humas Kab. Siak, 12 Juni 2017

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

1 Comment

  1. Situs Bola Terpercaya  - June 24, 2017 - 12:30 PM
    Reply /

    Semoga bisa dikelola dengan baik dan benar 🙂

Leave a comment

Back to Top