Bupati Siak Tandatangani MoU Dengan Bank Indonesia

Bupati Siak Tandatangani MoU Dengan Bank Indonesia

Bupati Siak Tandatangani MoU Dengan Bank Indonesia

No Comments on Bupati Siak Tandatangani MoU Dengan Bank Indonesia

Dalam rangka menekan inflasi penjualan pangan terutama penjualan harga daging sapi dan kebutuhan pokok lainnya di Riau, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melakukan kerjasama dengan Bank Indonesia (BI) yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU). Selain penandatanganan MoU, pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan mesin Chopper, launching produk pupuk organik, Pakan ternak dan Panen Pedet Pembibitan Sapi Brahman Cross.

Acara berlangsung di Desa Berumbung Baru Kecamatan Dayun Kabupaten Siak Senin 07/08/2017. Dengan terjalinnya kerjasama Pemkab Siak dengan Bank Indonesia yang di tuangkan dalam MoU ini diharapkan dapat meningkatkan produksi sapi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah Siak dan dapat menjaga stabilitas harga daging sapi saat menyambut hari raya kurban yang akan datang.

Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si juga mengucapkan terimakasih kepada Bank Indonesia atas dukungan dan bantuan baik berupa pembinaan, Pelatihan peningkatan SDM para peternak sapi dan juga bantuan tiga unit mesin penggiling pakan ternak merek Copper. Diharapkan dengan adanya bantuan ini para petani dapat menyiapkan pakan ternak sapi dengan mudah, sehingga bantuan yang di berikan Bank Indonesia bisa menjadi motivasi bagi para petani untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah Berumbung Baru.

Beliau juga menegaskan kepada Dinas Peternakan dan Perikanan termasuk juga PPL agar berupaya menekan sekecil mungkin terjadinya angka kematian sapi ternak di Kabupaten Siak. “Meskipun banyak bantuan sapi ke daerah kita namun kita tidak bisa mengendalikan angka kematian, ini menjadi pekerjaan kita bersama. Kalau lah sapi ini sudah kita antisipasi agar tidak sakit namun masih juga mati, itu karena kuasa ALLAH dan kita harus sabar ”.

Dari laporan yang diterimanya beberapa lalu ditemukan ada hampir seratus lebih sapi mati di Kecamatan Dayun, Saat ini populasi sapi di Kabupaten Siak terdapat 22.133 ekor yang tersebar di 14 Kecamatan.

Bupati Siak juga menghimbau kepada perusahaan yang ada di Kabupaten Siak agar ambil bagian termasuk juga BUMN dalam membantu masyarakat di saat ekonomi yang melambat saat ini. dengan adanya bantuan program CSR yang dimiliki perusahaan diharapkan secara bertahap ekonomi ini dapat tumbuh normal.

Sementara itu perwakilan dari Bank Indonesia Deputi Direktur BI perwakilan Riau Pekanbaru Ridwan Mulawarman mengungkapkan, dipilihnya jenis sapi Brahman Cross karena jenis sapi ini sapi unggulan yang memiliki banyak turunannya. Sapi ini Berasal dari Australia dan merupakan jenis sapi yang tumbuh dari perkawinan silang.

Hasil diskusi yang dilakukan olehnya dengan Prof. Nugroho dosen pertanian di Yogyakarta tercetus ide untuk bagaimana kita membantu teknik budi daya sapi Brahman Cross. “Sesuatu yang baru yang kita belum tahu tetapi punya nilai baik kedepan. Dalam perjalanannya teryata sapi ini termasuk jenis sapi unggulan.

Ia juga menjelaskan Bantuan ini tidak selesai sampai disini saja, BI selalau hadir dan berkomitmen terus melakukan upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau dan selalu menjaga kestabilan harga pangan di daerah.

Sumber : Humas Kab. Siak, 08 Agustus 2017

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top