Bupati Syamsuar Buka Diksarlin Akademi Komunitas Negeri Siak

Bupati Syamsuar Buka Diksarlin Akademi Komunitas Negeri Siak

Bupati Syamsuar Buka Diksarlin Akademi Komunitas Negeri Siak

No Comments on Bupati Syamsuar Buka Diksarlin Akademi Komunitas Negeri Siak

Mempura – Akademi Komunitas Negeri (AKN) Siak memberikan pendidikan dasar kedisiplinan kepada mahasiswa baru (TA 2018-2019) di kampus AKN Siak, kecamatan Mempura.

“Setiap tahun kita ada pendidikan dasar kedisiplinan (diksarlin) untuk melatih kedisiplinan pada saat menjalani kuliah nanti,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Suharto, Kamis (13/9/2018) pagi.

Ia menyampaikan dalam pendidikan dasar kedisiplinan (diksarlin) tersebut, mahasiswa baru akan dilatih berbagai dasar kedisiplinan oleh tentara dan instruktur yang sudah berpengalaman.

Sementara menurut Bupati Siak, Syamsuar, dunia industri dan sebuah negara maju itu terbentuk melalui kedisiplinan yang tinggi.

“Pendidikan adalah investasi masa depan, kata Bupati Syamsuar dihadapan mahasiswa.

Syamsuar menjelaskan, saat ini pendidikan dipandang sebagai suatu investasi masa depan yang sangat penting bagi setiap manusia. Pendidikan bukan saja sebuah investasi yang bernilai ekonomi saja akan tetapi sebagai suatu investasi untuk mendapatkan derajat yang lebih tinggi.

“Dulu, saya juga pernah mengikuti Diksarlin ini, kurang lebih 1 bulan lamanya, ditambah dengan pelatihan militer, semasa kuliah di APDN Pekanbaru,” tutur Syamsuar.

Sehari-harinya, Bupati Siak dua periode itu dikenal memiliki disiplin dan etos kerja yang tinggi. Buah dari disiplin inilah dalam 6 tahun terakhir laporan keuangan kabupaten Siak memperoleh opini WTP (wajar tanpa pengecualian) dari BPK RI.

Dilain pihak perwakilan dari Politeknik Negeri Sriwijaya, Supardjo mengaku bangga dan memberikan apresiasi karena bisa membangun gedung AKN Siak yang representatif.

Ia mengatakan setiap mahasiswa baru sebelum melaksanakan proses belajar maka harus mendapatkan pelatihan dasar kedisiplinan. Hal ini sesuai dengan motto politeknik negeri Sriwijaya yaitu 3T, tepat waktu, tepat aturan dan tepat ukuran.

“AKN Siak ini adalah rintisan dari politeknik negeri Sriwijaya, oleh karena itu anak-anak harus bisa menerapkan motto 3T tersebut,” pinta dia.

Mahasiswa baru tahun ajaran 2018-2019 yang mengikuti kegiatan diksarlin ini terdiri dari jurusan teknik mesin berjumlah 44 orang dan teknik kimia berjumlah 42 orang. Untuk materi diksarlin ini meliputi fisik, mental dan disiplin dan pengenalan dunia usaha dan dunia industri, pengenalan peraturan akademik, pengenalan sistem perguruan tinggi, pembentukan karakter, pengenalan program studi, kewirausahaan, kegiatan softskill berorientasi vokasi, dan pengenalan organisasi mahasiswa.

Sumber Humas Pemkab Siak
Publish by Diskominfo Siak/doliwtr**

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top