Bupati Syamsuar Panen Cabe Merah Bersama Warga Kampung Dalam

Bupati Syamsuar Panen Cabe Merah Bersama Warga Kampung Dalam

Bupati Syamsuar Panen Cabe Merah Bersama Warga Kampung Dalam

No Comments on Bupati Syamsuar Panen Cabe Merah Bersama Warga Kampung Dalam

Berkat usaha dan kerja keras bersama anggota kelompoknya, Jum’at sore (7/4/2017),  Elvi Erwandi pemilik kebun cabe dengan luas lahan 1/4 hektar berhasil memanen sebanyak 4000 batang cabe. Elvi mengakui, banyak kendala yang ia hadapi, namun tidak membuatnya menyerah terlebih lagi muncul perasaan senang karena untuk pertama kalinya ia dapat memanen cabe bersama dengan Bupati Siak.

Elvi mengaku bisa melakukan panen tiap tiga bulan (100 hari) untuk jenis rajo merah keriting. Hasil panen cabe dijual ke sejumlah pasar dan bahkan ada pembeli yang datang langsung ke kebun. Ia menuturkan panen kali ini sudah masuk panen yang ke empat, sebelumnya ia sempat pesimis kebun cabenya tidak bisa panen dikarenakan akhir-akhir ini sering turun hujan.

Di tempat yang sama Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si bersyukur karena masyarakat dapat memanfaatkan lahan mereka untuk menanam tanam cabe, karena tanaman cabe sangat berpengaruh terhada inflasi, dimana ketika harga barang meningkat tetapi daya beli masyarakat menurun. Selain cabe, ada juga beberapa komoditas pasar seperti bawang, beras dan daging yang juga berpengaruh terhadap inflasi.

Bupati Syamsuar mengharapkan kepada masyarakat yang memiliki lahan agar dapat digunakan untuk bercocok tanam serta memanfaatkan lahan tidur agar menjadi produktif. Kedepannya juga akan dicoba untuk mengembangkan jenis tanaman lain seperti jagung dan tebu.

Pada panen cabe di Kampung Dalam, Bupati Syamsuar menyampaikan pengelolaan kebun cabe yang selama ini swadaya masyarakat nantinya akan mendapatkan bantuan dari APBN 2017. Pemda Kabupaten Siak juga akan memberikan sokongan kepada petani dengan memberikan benih tanaman, pupuk dan juga kebutuhan lainya termasuk kebutuhan lahan. Dimana para camat diharapkan agar dapat melakukan koordinasi dengan masyarakat terkait hal tersebut.

Bupati Syamsuar juga berpesan bahwa jika ingin sukses petani tidak boleh cepat menyerah. Jika terjadi gagal panen maka harus dijadikan pemicu agar petani bisa terus kreatif dan inovatif dalam mencari alternatif lain agar kebun petani bisa berhasil. Kedepannya Bupati juga mengajak kaum pemuda untuk bisa mengikuti jejak Ibu Elvi dan petani lainnya dalam hal bercocok tanam agar tercapainya swasembada pangan di Kabupaten Siak.

Dalam kegiatan panen cabe turut hadir Ketua DPRD Siak Indra Gunawan SE, Camat Siak Aditya C Smara, serta sejumlah tenaga PPL dari Dinas Pertanian Kabupaten Siak.

Sumber : Desi, RPK Siak, 8 April 2017

Similar Posts:

    None Found

« Previous Article Persiapan Dara Siak 2016 Hadapi UNBK

Next Article » Penutupan MTQ XII Tingkat Kecamatan Dayun

linked in share button

Leave a comment

Back to Top