Bupati Terima Sertifikat Eliminasi Malaria

Bupati Terima Sertifikat Eliminasi Malaria

Bupati Terima Sertifikat Eliminasi Malaria

No Comments on Bupati Terima Sertifikat Eliminasi Malaria

Bupati Syamsuar menerima penghargaan dan sertifikat eliminasi malaria dari Mentri Kesehatan RI Profesor Nila Farid Moeloek, Senin (25/4).

Sertifikat penghargaan itu diserahkan di Lapangan Bukit Peninjauan II,Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Sumatera Utara.

Usai kegiatan Bupati menyampaikan, sertifikat ini diraih atas kerja sama dari semua pihak, khususnya Dinas Kesehatan dalam mendukung program Pemerintah Pusat agar semua daerah bisa bebas dari malaria.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Tonny Chandra menyampaikan, selama beberapa tahun terakhir Pemkab konsisten mendukung program Pemerintah Pusat untuk bebas dari malaria. Hal itu dilakukan dengan menangani kasus malaria, setiap pasien demam diperiksa hingga ke laboratorium, jika positif malaria ditangani secara serius hingga sembuh.

“Seluruh puskesmas dan RSUD dilengkapi dengan laboratorium, dari hasil lab ini dokter memastikan apakah pasien demam positif malaria atau tidaknya,” kata Tony Chandra.

Setelah beberapa tahun konsisten melakukan upaya itu, pihaknya mengusulkan ke Kementrian untuk dilakukan penilaian.

“Bulan Februari tim dari pusat datang melakukan penilaian tanpa sepengetahuan Dinas Kesehatan,” terang Tony Chandra.

Menurut Tonny, sertifikat eliminasi malaria ini didapat oleh daerah yang masyarakatnya dipastikan tidak ada yang terjangkit demam malaria. Dari penilaian secara nasional, hanya 6 kabupaten/Kota yang meraih sertifikat ini.

“Memang ada pasien yang positif malaria, namun itu bukan masyarakat Siak, namun pendatang,” pungkas Tonny Chandra.

 

Sumber riaumandiri.co, Rabu 27 April 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top