Cegah Pemakaian Ilegal, Distarcip Ajukan Perbup

Cegah Pemakaian Ilegal, Distarcip Ajukan Perbup

Cegah Pemakaian Ilegal, Distarcip Ajukan Perbup

No Comments on Cegah Pemakaian Ilegal, Distarcip Ajukan Perbup

Guna mengantisipasi tindakan pemakaian ilegal yang kerap dilakukan para konsumen (pelanggan, red) air bersih di Siak. Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (Distarcip) telah menyusun pengajuan Perbup penindakan pada tahun 2016 mendatang.

Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Seksi (Kasi) air bersih Distarcip Siak Amir Faizal, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/12/2015).

“Kami telah menyusun materi untuk diajukan menjadi Peraturan Bupati (Perbup) pada tahun 2016 mendatang, tentang sanksi dan penindakan bagi para pelanggan air bersih di Siak, yang melakukan tindakan ilegal dalam hal pemakaian air,” tegas Amir Faizal.

Tindakan ilegal yang dimaksud tersebut adalah, para pelanggan air bersih yang menggunakan mesin pompa air (Sanyo, red) tanpa sepengetahuan pihak pengelola. Karena tindakan tersebut dapat mengakibatkan kerugian bagi pelanggan yang lain.

“Selama ini banyak pengaduan dari konsumen, bahwa saluran SPAM sering macet. Setelah kami lakukan pengecekan, ternyata penyebabnya adalah banyak pelanggan yang secara diam-diam (ilegal, red) menggunakan mesin pompa air untuk menyedot, dengan alasan agar air yang disedot bisa lebih kencang. Akibatnya saluran SPAM yang menuju ke arah pelanggan lain jadi macet dan tersendat-sendat,” imbuhnya.

Namun, saat ini pihak Tarcip sendiri belum bisa menindak secara hukum, para pelanggan yang ditemui telah melakukan pemakaian ilegal tersebut. Karena belum ada Perda maupun Perbup yang mengatur tentang sanksi dan denda bagi para pelaku. Dan pada tahun 2016 mendatang Perbup tersebut baru akan diajukan.

Lebih lanjut Amir menjelaskan, pada tahun 2015 ini telah dibangun Dua unit tempat pengolahan air bersih yang baru, yakni di Kecamatan Siak dan Kecamatan Pusako, dan pada tahun 2016 mendatang akan dibangun lagi di Kecamatan Sabak Auh, Lubuk Dalam, dan Kerinci Kanan.

“Pada tahun 2015 ini kita telah membangun Dua unit tempat pengolahan yang baru, yakni di Kecamatan Siak dan Pusako, yang Insya Allah pada tahun 2016 mendatang akan kita bangun lagi untuk di Kecamatan Lubuk Dalam, Sabak Auh dan Kerinci Kanan,” pungkasnya. (Atok)

Sumber, Infosiak.com Minggu, 27 Desember 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top