CSR Perusahaan BOB Adakan Acara Pelatihan Produktivitas Kuliner Mangrove

CSR Perusahaan BOB Adakan Acara Pelatihan Produktivitas Kuliner Mangrove

CSR Perusahaan BOB Adakan Acara Pelatihan Produktivitas Kuliner Mangrove

No Comments on CSR Perusahaan BOB Adakan Acara Pelatihan Produktivitas Kuliner Mangrove

Dalam rangka meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Sabak Auh dan Sungai Apit, Program Coorporate Social Responsibility (CSR) BOB PT Bumi Siak Pusako – Pertamina Hulu 2016 mengadakan Pelatihan Produktifitas Kuliner Magrove dari Buah Berembang atau Pidada (Soneratia Spp) di Aula Kecamatan Sabak Auh yang dibuka langsung oleh Camat Sabak Auh Suparni, Rabu (30/12/2016).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh SKK Migas Wilayah Sumbagut, Pimpinan BOB PT BSR-Pertamina Hulu, Pimpinan PT Bumi Siak Pusako, Camat Sungai Apit yang diwakili. Kasi Kesos Nasrun, Koordinator Forum CSR Kabupaten Siak, Kapolsek Sabak Auh, Danramil Sabak Auh, Kepala UPT Penyuluhan dan Peserta pelatihan dari Kecamatan Sabak Auh dan Sungai Apit serta Bina Cinta Alam Kabupaten Siak.

Narasumber dalam pelatihan tersebut, Yoserizal yang juga sebagai Kabid Promosi Disparsenibudpora Siak, Manumpak Hutabarat dari BPPKP Kabupaten Siak, Irana Suryani dari BLH Kabupaten Siak dan Setiono Pelaku Usaha.

Dalam sambutannya, Ketua Bina Cinta Alam Kabupaten Siak Tarsono, selaku pelaksana kegiatan mengucapkan terima kasih atas dukungan BOB PT BSP-Pertamina Hulu yang membuat program CSR tahun 2016.

“Kegiatan ini mengoptimalkan Kuliner Buah Berembang atau Pidada ini menjadi produk kuliner ekonomi kreatif, dengan program pemberdayaan masyarakat sekaligus program penanaman 6000 batang bibit bakau di Kampung Rawa Mekar jaya Kecamatan Sungai Apit,” kata Tarsono.

Camat Sabak Auh Suparni dalam sambutannya juga mengharapkan agar peserta Pelatihan Produktivitas Kuliner Mangrove dapat memgembangkankan potensi magrove yang ada di daerahnya.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatakan ekonomi mandiri dengan sumber hayati, yang teruji secara kesehatan. Selama ini Berembang di daerah kita hanya untuk umpan pancing ikan patin, namun dengan adanya pelatihan ini berembang bisa diolah menjadi makanan,” ungkapnya.

Lanjut Suparni mengatakan, melalui CSR BOB yang bekerjasama dengan Bina Cinta Alam Kabupaten Siak, sangat mendukung dan sangat sejalan dengan program Bupati Siak dalam mempromosikan wisata kuliner, menumbuh kembangkan usaha mandiri.

“Untuk itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan ini yang diikuti oleh ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Kecamatan Sabak Auh dan Sungai Apit. Kami berharap agar ibu-ibu bisa mengelola Buah Berembang sebagai makanan yang bernilai gizi, seperti Dodol Berembang, Selai, Sirup, sehingga kedepan masyarakat Siak tidak lagi memakai Sirup ABC atau sirup lainnya, melainkan memakai Sirup Berembang buatan sendiri,” harapnya.

Sementara itu Pimpinan BOB PT BSR-Pertamina Hulu atau Pimpinan PT Bumi Siak Pusako yang diwakili Humasnya Dede Hartono mengaku sangat mendukung program Kabupaten Siak sebagai kabupaten hijau. Untuk itu, pihaknya berusaha terus untuk melakukan penghijauan dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Kabupaten Siak.

“Melalui program CSR ini kita lakukan berbagai kegiatan seperti penanaman magrove di Kampung Mengkapan, Rawa Mekarjaya Kecamatan Sungai Apit dan saat ini kita adakan kegiatan pelatihan Pelatihan Produktivitas Kuliner Mangrove selama dua hari di Kecamatan Sabak Auh, dengan harapan agar masyarakat bisa meningkatkan perekonomian dengan memanfaatkan dan mengelola buah berembang menjadi makanan khas Kabupaten Siak yang tiada duanya,” ungkapnya.

“Kepada peserta diharapkan juga dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, dan dapat mengembangkan ilmunya ditengah-tengah masyarakat, agar perekonomian masyarakat bisa meningkat dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada,” pungkasnya.

Sumber infosiak.com, Kamis 01 Desember 2016

linked in share button

Leave a comment

Back to Top