Danau Zamrud

Danau Zamrud

Kawasan Wisata Bahari di Kabupaten Siak merupakan kawasan objek wisata yang sangat menarik di Kabupaten Siak, danau ini dapat dikembangkan sehingga para wisatawan manca negara dapat berkunjung dan menikmati indahnya alam yang sejuk dan nyaman. Wisata Bahari di Kabupaten Siak ini yaitu Danau Pulau Besar terletak di Desa Zamrud, dengan luas sekitar 28.000 Ha.

img_20111125143509_4ecf452d558b4

Danau Zamrud terletak di desa zamrud. Danau zamrud siak merupakan salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi meskipun jalan menuju danau zamrud cukup sulit dengan menempuh jarak jarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota dengan menggunakan jalur darat, namun jika sampai disana pasti akan terbayar dengan keindahan wilayah konservasi danau zamrud.

Danau Bawah dan Danau Pulau Besar terletak dekat lapangan minyak Zamrud, memiliki panorama indah yang mengagumkan dan menarik. Danau zamrud memiliki warna air yang berbeda dengan kebanyakan danau di daerah lain yaitu berwarna hitam jernih. Di sekitar danau masih ditemukan hutan yang masih asli. Kondisi danau maupun hutan di sekitar danau berstatus Suaka Marga Satwa, dimana masih terdapat berbagai aneka jenis satwa dan tumbuhan langka. Sumber daya hayati yang terdapat di danau ini seperti pinang merah, ikan arwana, dan ikan Balido yang dilindungi. Keanekaragaman jenis satwa liar di suaka marga satwa danau pulau besar dan bawah merupakan kekayaan tersendiri sebagai objek wisata di Riau Daratan.

Sedangkan di kawasan hutan nya terdapat beragam satwa yang dilindungi seperti harimau sumatera, gajah, beruang, dan beragam jenis primata.

Meskipun danau zamrud merupakan kawasan objek wisata dan kawasan satwa langka namun dibawah danau tersimpan kekayaan bumi khas riau apa lagi jika bukan minyak mentah yang konon mengandung 50 juta barel minyak.

linked in share button

Leave a comment

Back to Top