Dekan-dekan dan Rombongan Fakultas Sains dan Teknologi dari 11 UIN Se Indonesia Kunjungi Kabupaten Siak

Dekan-dekan dan Rombongan Fakultas Sains dan Teknologi dari 11 UIN Se Indonesia Kunjungi Kabupaten Siak

Dekan-dekan dan Rombongan Fakultas Sains dan Teknologi dari 11 UIN Se Indonesia Kunjungi Kabupaten Siak

No Comments on Dekan-dekan dan Rombongan Fakultas Sains dan Teknologi dari 11 UIN Se Indonesia Kunjungi Kabupaten Siak

Peserta Seminar Nasional Teknologi, Informasi Komunikasi dan Industri menunjuk dan mengunjungi Kabupaten Siak sebagai salah satu agenda mereka dalam Kunjungan Wisata. Seminar yang dilaksanakan di Kota Pekanbaru ini, diikuti oleh Dekan-Dekan beserta rombongan dari Fakultas Sains dan Teknologi dari 11 Universitas Islam Negeri se-Indonesia.

Salah satu peserta Seminar yang berasal dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSQA Riau Hartono mengatakan bahwa memang sudah meniatkan dari awal ingin mengajak kawan Dekan lainnya untuk berkunjung ke Kabupaten Siak dan Alhamdulilah secara tidak langsung akhirnya niat tersebut dikabulkan.

Hartono yang sekaligus sebagai ketua rombongan juga menyampikan, kalau berkunjung ke Provinsi Riau tidak sah kalau tidak sampai ke Kabupaten Siak, karena budaya melayu yang masih kental itu ada di Kabupaten Siak. Selain itu, objek wisata yang ada di Kabupaten Siak juga luar biasa dan itulah alasan kami bersama kawan-kawan memilih Kabupaten Siak dalam agenda kunjungan wisata.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa kawan-kawan terkejut setelah sampai di Siak. Mengapa ? Karena suasana yang ada di Siak ini tidak kami dapatkan di daerah lainnya, kotanya tenang, aman, bersih dan penduduknya ramah. Ini yang akan membuat kami berkeinginan untuk berlama-lama di Siak.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Sekda Kabupaten Siak Drs. H. Jamaluddin, M.Si sedikit menjelaskan tentang Kerajaan Siak yang merupakan Kerajaan Islam yang wilayahnya luas,  di Gedung Tengku Maharatu, Jum’at (19/5/17). Dahulu, semua Raja kerajaan Siak merupakan orang yang alim. Oleh karena itu, mulai dari dulu hingga sekarang orang Siak terkenal dengan orang alim. Bahkan dalam bahasa Sumatra Barat, Siak itu artinya orang alim.

Lanjutnya, setelah sampai di Siak jangan lupa untuk mengunjungi beberapa objek wisata sejarah Kerajaan Siak yang masih berdiri kokoh dan terawat, seperti Istana Siak, Mesjid Sahhabudin, Balai Rung Sri, Kolam Hijau dan masih banyak lagi objek wisata sejarah di Kabupaten Siak ini. Di dalam Istana Siak, ada 2 benda bersejarah yang sudah terkenal yakni, Cermin Awet Muda yang dahulunya merupakan cermin permaisuri, dan Komet yang merupakan alat musik klasik yang masih berfungsi, dan hanya ada 2 di dunia yakni di Siak dan Jerman, akan tetapi komet yang di Jerman sudah rusak.

Diakhir sambutannya, Plt Sekdakab Siak menyampaikan kepada para peserta seminar bahwa ada mitos yang mengatakan jika sudah terminum air Sungai Siak, maka pasti akan datang ke Siak lagi. Maka kami akan tunggu kedatangan bapak dan ibu untuk datang ke Siak lagi.

Sumber : Humas Kab. Siak, 22 Mei 2017

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top