Desa Proklim Kemuning Muda Bungaraya Terima 500 Bibit Cabe dari Pemkab Siak

Desa Proklim Kemuning Muda Bungaraya Terima 500 Bibit Cabe dari Pemkab Siak

Desa Proklim Kemuning Muda Bungaraya Terima 500 Bibit Cabe dari Pemkab Siak

No Comments on Desa Proklim Kemuning Muda Bungaraya Terima 500 Bibit Cabe dari Pemkab Siak

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Syahrial dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup diwakili Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Ardayani, menyerahkan 500 bibit cabe kepada Penghulu Kampung Kemuning Muda Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak, Mujiran, Rabu (22/2/2017).

 

Program bantuan bibit cabe yang disiapkan Dinas Ketahanan Pangan diserahkan secara bertahap kepada warga Kampung Kemuning Muda yang dijadikan Desa/Kampung Proklim binaan yang awalnya diprakarsai Sudirmo. Keyakinan dan kesungguhan Sudirmo yang berprofesi sebagai guru SMA Negeri 1 Bungaraya membimbing pemuda dan masyarakat Kampung Kemuning Muda, dimulai dari didirikannya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang salah satu kegiatannya adalah kejar paket  dan pemberdayaan masyarakat. “Bantuan 500 bibit cabe ini baru tahap awal, mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bagi warga Kemuning Muda yang dijadikan Kampung Proklim binaan Pak Sudirmo,” kata Syahrial.

Ardayani menambahkan, tahun 2015 lalu Desa Kemuning Muda diikutsertakan lomba Desa Proklim oleh Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Siak yang dinilai Kementerian Lingkungan Hidup. “Namun, pada tahun 2016 desa ini meraih Juara 2 Sertifikat Desa Proklim Tingkat Nasional. Mudah-mudahan tahun 2017 bisa mendapatkan yang lebih baik dari tahun sebelumnya,” jelas Arda.

Penghulu Kemuning Muda Mujiran berharap, bantuan bibit cabe ini bisa domanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga. Sehingga, memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat di Bungaraya, khususnya Kemuning Muda.

Sudirmo mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemkab Siak terhadap petani di daerahnya. Dia berjanji untuk terus berupaya meningkatkan produksi cabe, sehingga memberikan kontribusi kepada masyarakat. “Sumbangan bibit cabe ini tentunya menambah keanekaragaman tanaman rumah tangga di Kampung Proklim Desa Kemuning Muda. Desa Proklim akan diselaraskan dengan Program Siak Hijau, dan diharapkan akan mendorong desa-desa lain untuk melakukan hal yang sama dengan kampung kita ini,” tutupnya

Sumber goriau.com, 22 Februari 2017

 

linked in share button

Leave a comment

Back to Top