Dewan Siak Sahkan Delapan Ranperda, Bupati Syamsuar: SKPD Segera Sosialisasikan agar Perda Ini Diberlakukan

Dewan Siak Sahkan Delapan Ranperda, Bupati Syamsuar: SKPD Segera Sosialisasikan agar Perda Ini Diberlakukan

No Comments on Dewan Siak Sahkan Delapan Ranperda, Bupati Syamsuar: SKPD Segera Sosialisasikan agar Perda Ini Diberlakukan
Bupati H Syamsuar dan Wakil Bupati Siak H Alfedri menghadiri rapat paripurna penyampaian laporan Panitia Khusus (Pansus) DPRD terhadap delapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di Gedung DPRD Siak, Rabu (25/5/2016).

Adapun disetujuinya Ranperda untuk menjadi Perda diantaranya, Ranperda tentang Rencana Induk Pelestarian Budaya Melayu Siak, Ranperda Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan dan 6 Ranperda terkait perubahan retribusi daerah.

Syamsuar mengatakan, dengan disahkannya Perda tentang Rencana Induk Pelestarian Budaya Melayu Siak diharapakan kepada seluruh komponen masyarakat untuk menumbuh kembangkan pelestarian kebudayaan Melayu yang merupakan aset penting untuk menjadikan Siak Sri Indrapura sebagai Kota Pusaka Dunia.

Pengesahan Perda tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan, menurut Syamsuar, untuk menyediakan layanan bagi masyarakat secara optimal dalam meningkatkan wawasan, minat baca serta memberikan jaminan hak bagi warga untuk memperolah layanan perpustakaan dengan baik dan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Dengan adanya peraturan ini diharapkan dapat mendorong pembudayaan kegemaran membaca, memperluas wawasan ilmu pengetahuan guna mencerdaskan kehidupan di Kabupaten Siak menuju masyarakat yang sejahtera lahir dan batin,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga disahkan enam Perda tentang retribusi izin gangguan, retribusi izin mendirikan bangunan, retribusi pelayanan persampahan/kebersihan, retribusi parkir di tepi jalan umum, retribusi pelayanan pasar dan retribusi penjualan produk usaha daerah.

Terkait 6 Perda retribusi ini, Bupati menginstruksikan kepada jajaran Pemkab, khususnya SKPD teknis untuk segera mempersiapkan segala hal yang diperlukan guna mendukung pemberlakuan Perda tersebut.

“Lakukan sosialisasi internal secara intensif, khususnya kepada aparatur teknis agar memahami dan melaksanakan ketentuan yang ada dalam Perda tersebut sebaik mungkin,” ungkap Syamsuar.

Dia berharap kepada anggota DPRD Siak agar menyetujui juga sejumlah Ranperda yang sampai saat ini belum disahkan. “Tentunya ini berkaitan dengan ekonomi di Siak sebagai kawasan industri dan pelabuhan tanjung buton, tentunya ini akan memberikan kemudahan investasi bagi investor,” tutupnya.

 

Sumber goriau.com, Kamis 26 Mei 2016

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top