Diadakan di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasim, Riau Trailrun Race Dilaksanakan 20 November, Siak Siap Membuatnya ‘Mendunia’

Diadakan di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasim, Riau Trailrun Race Dilaksanakan 20 November, Siak Siap Membuatnya ‘Mendunia’

Diadakan di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasim, Riau Trailrun Race Dilaksanakan 20 November, Siak Siap Membuatnya ‘Mendunia’

No Comments on Diadakan di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasim, Riau Trailrun Race Dilaksanakan 20 November, Siak Siap Membuatnya ‘Mendunia’

Kabupaten Siak kembali dipercaya sebagai tempat lomba berkelas nasional. Kali ini event yang digelar adalah Riau Trailrun, yang merupakan lomba lari di alam terbuka. Rencananya, lomba yang bernuansa olahraga dan pariwisata ini akan diadakan di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasim Minas, Siak, 20 November 2016.

Persiapan panitia menggelar ini disampaikan pada audensi panitia dengan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, Minggu (18/9/2016). Uniknya audensi para pelari alam ini diawali dengan lari pagi bersama komunitas Trail Runner Pekanbaru yang dilepas langsung oleh Bupati Siak H Syamsuar bertempat di Depan Istana Siak Minggu (18/9).

TRU atau Trailrunner Pekanbaru adalah komunitas pecinta lari alam terbuka di Pekanbaru. Pertama kali dibentuk pada Juni 2012 dengan melakukan Trailrunning di Gunung Marapi Sumatra Barat. Beberapa nama yang berperan dalam pembentukan komunitas ini seperti Edwin Yanuarzi dan Hendra Putra, merupakan orang-orang yang cukup aktif dalam kegiatan Trailrunning di Indonesia.

Trailrunning merupakan kegiatan yang membutuhkan kekuatan fisik dan konsentrasi. Kegiatan ini umumnya dilaksanakan berkelompok, karena kawan perjalanan selain untuk memberi semangat juga agar saling menjaga dari hal-hal yang tidak terduga. Trail runner Pekanbaru juga ikut mengusung semangat kearifan lokal dengan mempromosikan pariwsata dan kebudayaan provinsi Riau.

Sekretaris Trailrunner Pekanbaru Dr Wan  Novriza Wijaya mengatakan, ini merupakan event tahunan yang ke-2 di Riau. ”Kami berharap tentunya bisa menjadikan kegiatan ini berlangsung terus untuk ditahun selanjutnya,” ujarnya.

”Kegiatan Riau Trailrun Race ini kami target menjadi sekla nasional serta mengangkat citra budaya kearifan lokal. Kita juga menginginkan  tidak hanya cuma lari saja, namun bisa menikmati wisata alam yang ada,” kata Wan Novriza.

Dikatakan, acara ini didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Riau, serta dinas terkait seperti Dinas Pariwisata dan Dinas Kehutanan.

Sementara itu, Bupati Siak H Syamsuar mengatakan sangat mendukung kegiatan ini, karena bisa memajukan pariwisata daerah. ”Kami sepenuhnya mendukung event ini karena ini merupakan bagian untuk memajukan potensi wisata yang ada di Siak,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Syamsuar mengusulkan agar vent ini bisa diadakan setiap tahun agar bisa menjadi event nasional, bahkan event internasional karena ini bisa mengangkat wisata budaya daerah.

“Kami tentunya menyambut baik dengan adanya event Riau Trailrun Race. Ini juga masuk dalam mempromosikan budaya kita.apalagi Indonesia akan mengandalkan industri  pariwisata untuk sumber ekonomi Indonesia yang sejalan dengan ekonomi kreatif,” jelas Syamsur.

Pada kesempatan itu, Bupati Siak Drs H Syamsuar juga menyatakan siap mendukung lomba ini sepenuhnya, termasuk mempromosikannya supaya mendunia.

 

 

Sumber goriau.com, Senin 19 September 2016

 

linked in share button

Leave a comment

Back to Top