Dibawah Rintik-Rintik Hujan, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tetap Digelar Pemkab Siak

Dibawah Rintik-Rintik Hujan, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tetap Digelar Pemkab Siak

Dibawah Rintik-Rintik Hujan, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tetap Digelar Pemkab Siak

No Comments on Dibawah Rintik-Rintik Hujan, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tetap Digelar Pemkab Siak
Mengacu pada surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia nomor B-822/M.Sesneg/Sesmen/TU.00.04/09/2016, pemerintah kabupaten Siak laksanakan upacara bendera Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor bupati Siak, Senin (03/10/2016) pagi.

Mengacu pada surat itu, tahun 2016 ini upacara tersebut melibatkan unsur TNI, Polri, PNS, Staf honorer dan pelajar. Dan pada tahun ini, upacara tersebut  mengangkat tema Kerja Nyata Untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud Pengamalan Pancasila.
Bertindak sebagai inspektur upacara, wakil bupati Siak Alfedri tampak berwibawa. Apalagi, orang nomor dua di negeri istana tersebut mengenakan stelan jas lengkap bewarna hitam.
Usai upacara, Wabup Siak menyebut, digelarnya upacara ini karena Pancasila merupakan dasar negara yang mengatur seluruh tatanan kehidupan bangsa dan juga negara ini.
“Segala sesuatu yang hubungannya dengan pelaksanaan sistem ketatanegaraan wajib harus berdasarkan Pancasila. Artinya semua peraturan yang berlaku harus bersumberkan dari Pancasila,” sebutnya.
Alfedri juga menyebut Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober, harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri.
 “Hal ini penting khususnya bagi generasi muda bangsa ini. Generasi baru tidak akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangsa ini tanpa mengenali sesungguhnya sejarah kehidupannya,” katanya.
Lanjutnya, ditengah terpaan pengaruh kekuatan global, seluruh elemen bangsa ini seharusnya menguatkan diri dari terpaan tersebut, salah satunya cara dengan menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
“Nilai-nilai itulah yang kemudian kita maknai sebagai energi untuk membangun kembali jati diri bangsa ini. Bangsa ini bisa berdiri tegak, hanya jika mau kembali menghidupkan dan sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila itu sendiri,” pungkasnya.
Untuk diketahui, pada upacara ini bertindak sebagai komandan upacara Komandan Koramil 06 Sungai Apit Kapten Inf Sahman Sinaga. Tampak juga hadir bupati Siak Syamsuar, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Kepala Kejaksaan Negeri Siak Jondri, Dandim 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Rizal Faisal Helmi, Ketua Pengadilan Negeri Siak Asmudi  Kapolres Siak diwakilkan oleh Kapolsek Siak Kompol Rozali, Sekda kabupaten Siak HT Said Hamzah, serta Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Siak Muharrom.
Sumber spiritriau.com, Selasa 04 Oktober 2016
linked in share button

Leave a comment

Back to Top