Dinkes Siak Hadapi Arus Mudik, Siagakan Puskesmas 24 Jam

Dinkes Siak Hadapi Arus Mudik, Siagakan Puskesmas 24 Jam

No Comments on Dinkes Siak Hadapi Arus Mudik, Siagakan Puskesmas 24 Jam

Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, menyiagakan seluruh Puskesmas selama 24 jam untuk arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

“Seluruh Puskemas yang ada di Kabupaten Siak, disiagakan 24 jam dalam rangka pelayanan kesehatan selama Lebaran,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan, Toni Candra, Senin (6/7).

Menurut Toni, Puskesmas siaga 24 jam tersebut tersebar di 14 kecamatan, kecuali Kecamatan Siak. Pasalnya di kecamatan ini sudah ada rumah sakit yang berada di pusat kabupaten itu.

“Tidak ada istilah tutup bagi Puskesmas. Puskesmas non rawat inap tetap dipiketkan untuk melayani masyarakat yang butuh pertolongan,” sebutnya.

Ditambahkan Toni, Diskes juga sudah melayangkan surat edaran kepada seluruh Puskesmas dan rumah sakit se-Kabupaten Siak agar siap menerima rujukan pasien ke gawat darurat karena kecelakaan atau faktor lainnya.

“Semua Unit Gawat Darurat harus siap menerima rujukan. Silakan timnya diatur, sehingga ketika ada kasus yang perlu ditangani segera siap dilayani. Kami baru menyiapkan edarannya menindaklanjuti edaran Kemenkes,” pungkasnya.

Dinkes juga mewajibkan seluruh Puskesmas ataupun Puskesmas Pembantu (Pustu) yang berada di jalur mudik Lebaran untuk siaga penuh selama 24 jam yang dimulai sejak H-7 sampai H+7 Lebaran.

Sumber riaumandiri.co, Selasa 07 Juli 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top