Diskominfo Kabupaten Siak Adakan Sosialisasi dan Pembentukan Dewan Smart City

Diskominfo Kabupaten Siak Adakan Sosialisasi dan Pembentukan Dewan Smart City

Diskominfo Kabupaten Siak Adakan Sosialisasi dan Pembentukan Dewan Smart City

1 Comment on Diskominfo Kabupaten Siak Adakan Sosialisasi dan Pembentukan Dewan Smart City

Bertempat di ruang rapat Raja Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak, Rabu (14/6/17), diadakan sosialisasi dan pembentukan Dewan Smart City serta Tim Pelaksana Kabupaten Siak yang ditaja oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Siak dan dibuka oleh Asisten III Setdakab Siak Drs. H. Jamaluddin, M.Si.

Dalam sambutannya Asisten III Setdakab Siak menyampaikan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari ditetapkannya Kabupaten Siak sebagai salah satu dari 25 kabupaten/kota yang terpilih untuk mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City di tanah air. Terpilihnya Kabupaten Siak berdasarkan hasil assesment dan Surat Keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Nomor: 265 KOMINFO/DJAI/AI.01.05/05/2017.

Asisten III Setdakab Siak juga menambahkan, selain melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dilingkungan Pemkab Siak, pada implementasinya Smart City juga melibatkan pihak ke 3 seperti perguruan tinggi dan BUMD. Beliau juga berharap dengan adanya sosialisasi ini, nantinya akan ada masukkan yang positif, karena pada implementasinya Smart City harus didukung oleh berbagai pihak.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Siak, Kaharuddin, S.Sos, M.Si, dalam kurun waktu 2 tahun ke depan tepatnya ditahun 2019 akan dipilih kabupaten/kota lainnya, dengan demikian diharapkan akan terbentuk 100 kabupaten/kota yang memiliki pondasi kuat untuk menjadi Smart City.

Kadis Kominfo juga menjelaskan bahwa Smart City adalah kota yang dapat mengelola SDM dan SDA dalam menghadapi permasalahan sebuah kota dengan memanfaat teknologi sebagai salah satu solusinya. Berdasarkan pendapat beberapa ahli, definis dari Smart City adalah kota yang teratur, aman, tentram, tertib yang memanfaatkan teknologi dalam mewujudkannya.

Kadis Kominfo juga menambahkan program Smart City harus yang menjadi keunggulan daerah atau solusi bagi permasalahan daerah yang menyentuh langsung masyarakat. Untuk Kabupaten Siak sendiri akan fokus pada Smart Branding yang merupakan salah satu komponen penting dalam membangun Smart City, karena elemen yang ada dalam Smart Branding merupakan keunggulan yang dimiliki Kabupaten Siak, seperti pariwisata, perindustrian, dan perizinan.

Dalam bimbingan teknis penyusunan master plan Smart City Kabupaten Siak, Kemkominfo telah menunjuk 2 orang akademisi, yaitu dari Universitas Multimedia Nasional (UMN) sebagai pembimbing utama dan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai pembimbing pendamping.

Sumber : MC Kab. Siak, 14 Juni 2017

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

1 Comment

  1. Situs Bola Terpercaya  - June 24, 2017 - 11:32 AM
    Reply /

    Semoga sangat bermanfaat bagi warga dengan adanya gagasan tersebut.. 🙂

Leave a comment

Back to Top