Dokter: Satu Gelas Kopi per Hari Bisa Bantu Cegah Parkinson

Dokter: Satu Gelas Kopi per Hari Bisa Bantu Cegah Parkinson

Dokter: Satu Gelas Kopi per Hari Bisa Bantu Cegah Parkinson

No Comments on Dokter: Satu Gelas Kopi per Hari Bisa Bantu Cegah Parkinson

Penyakit parkinson hingga saat ini belum ditemukan penyebab pastinya. Namun dokter mengatakan bukan berarti parkinson tidak bisa dicegah.

Salah satu cara yang disebut dapat mengurangi risiko terserang parkinson adalah meminum kopi satu gelas per hari. Benarkah pernyataan ini?

“Ya benar. Penelitian membuktikan bahwa meminum kopi dapat mencegah parkinson asalkan tidak terlalu banyak, satu gelas saja per hari,” tutur dr Frandy Susatia, SpS dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk kepada wartawan, baru-baru ini.

Dikatakan dr Frandy, kopi mengandung mengandung kafein yang bersifat neuroprotektif. Artinya, kafein dapat menjaga kesehatan sel-sel saraf di otak dan memperlambat terjadinya kerusakan.

Lalu, bagaimana dengan teh dan minuman bersoda? Bukankah di kedua minuman tersebut juga terdapat kafein?

Dijelaskan dr Frandy, sumber terbaik untuk mendapatkan kafein tentunya berasal dari kopi. Teh juga boleh dikonsumsi namun sebaiknya hindari minuman bersoda karena tinggi kalori dan meningkatkan risiko obesitas.

“Kopi selain mencegah juga bisa membantu pasien yang sudah terserang parkinson. Efeknya sama jadi memperlambat kerusakan pada saraf,” tambahnya lagi.

Sebelumnya, peneliti dari Harvard University Chan School of Public Health mengatakan bahwa kopi mempunya manfaat baik untuk tubuh, baik kopi berkafein atau tidak. Studi yang dipublikasi di jurnal Circulation tersebut membandingkan kondisi kesehatan dari tiga kelompok orang yaitu yang tidak minum kopi, minum kopi sehari kurang dari dua gelas, dan minum kopi sehari 3-5 gelas.

“Ada senyawa bio aktif pada kopi yang mengurangi resistensi insulin dan inflamasi sistemik. Itu yang mungkin bisa menjelaskan temuan-temuan kita tetapi studi lebih jauh tetap dibutuhkan untuk mengetahui mekanisme biologis dari efek tersebut,” ujar peneliti Ming Ding.

Sumber, Detik.com Rabu, 27/04/2016 09:21 WIB

Similar Posts:

    None Found

« Previous Article Bupati Terima Sertifikat Eliminasi Malaria

Next Article » Tiga Negara Siap Dongkrak Harga Karet

linked in share button

Leave a comment

Back to Top