DPD Himpun Masukan TNZ

DPD Himpun Masukan TNZ

DPD Himpun Masukan TNZ

No Comments on DPD Himpun Masukan TNZ
Anggota DPD RI Komite II melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Siak, terkait pengelolaan Taman Nasional Zamrud yang baru saja diresmikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla sempena puncak perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat nasional 2016 di Siak, Jumat (22/7). Pertemuan yang berlangsung di Ruang Pucuk
Rebung Kantor Bupati Siak, selain membahas Taman Nasional Zamrud, juga menyinggung pembangunan infrastruktur, pertanian dan lahan gambut. Mengawali pertemuan itu, Wabup Alfedri singkat dan padat menceritakan kondisi Kabupaten Siak dan Taman Nasional Zamrud.
“Awalnya kawasan Danau Zamrud itu adalah kawasan suaka marga satwa. Pada waktu itu Bupati Siak Arwin pada 2001 telah melakukan usulan perluasan kawasan, dari 28 ribu hektare hingga menjadi Taman Nasional Zamrud menjadi 31 ribu hektare lebih,” kata Alfedri, Rabu (27/7).
Hadir pada kesempatan itu, Asisten II Setda Kab Siak Syafrilenti, Kadis Pertambangan dan Energi Amin Budyadi, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Rubiati, Kaban BPMPD Abdul Razak, Camat Dayun dan SKPD terkait lainnya.
Langkah selanjutnya, Ketua DPD PAN Siak ini menjelaskan mengenai penataan tapal batas hutan ini. Kemudian rencana pengelolaan dari Taman Nasional Zamrud berupa zonasi-zonasi dengan harapan ada pembicaraan lebih lanjut.
Di samping itu perlu kelembagaan untuk mengurus Taman Nasional Zamrud tersebut, tidak cukup hanya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saja melainkan juga dukungan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Semua usulan tersebut Wabup berharap melalui pihak Komite II DPD RI bisa menjembatani manfaat yang sebesar-besarnya dari taman tersebut.
Sementara Asisten II Setdakab Siak Dr Syafrilenti MSi menambahkan perlu juga dukungan terhadap restorasi lahan gambut. Selain itu Siak juga memiliki Jalan Nasional dari Simpang Lago menuju Tanjung Buton lebih kurang 130 Km agar mendapat perhatian dari kementerian terkait.
Bahkan, sebelumnya Bupati Siak Syamsuar di awal 2015 lalu telah melakukan ekspose di Dirjen Binamarga Kementerian PU di Jakarta terkait usulan pembangunan jalan pada jalan nasional tersebut. Menanggapi usulan-usulan yang disampaikan, anggota DPD Komite II Rosti Uli Purba meminta pemkab agar menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk diserahkan ke pihak kementerian.
Dia berharap, para SKPD yang hadir untuk mengusulkan program  kepada pihaknya, sesuai dengan mitra kerja komite II yang bisa menjembatani perihal tsrsebut. Mitra kerja komite II DPD RI antara lain Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian PU, Kementerian Dikti dan Ristek, Kementerian Perumahan Rakyat dan Desa Tertinggal. Masukan dan saran yang disampaikan oleh pemkab ini nantinya dibahas dalam rapat bersama kementerian terkait, terutama dalam pelestarian TNZ ini.
Sumber riaupos.co, Kamis 28 Juli 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top