Expo SMPN 5 Kerinci Kanan Kabupaten Siak Menuju Adiwiyata Mandiri Nasional

Expo SMPN 5 Kerinci Kanan Kabupaten Siak Menuju Adiwiyata Mandiri Nasional

Expo SMPN 5 Kerinci Kanan Kabupaten Siak Menuju Adiwiyata Mandiri Nasional

No Comments on Expo SMPN 5 Kerinci Kanan Kabupaten Siak Menuju Adiwiyata Mandiri Nasional

Kerinci Kanan – Berhasil lolos sebagai salah satu sekolah adiwiyata tingkat nasional 2017 lalu telah merubah pola pikir para pelajar siswa/i SMPN 5 Kecamatan Kerinci Kanan tentang lingkungan. Hal ini terlihat lewat berbagai kegiatan yang mendukung terciptnya pelestarian di lingkungan sekitar sekolah, Sabtu, ( 7/04/2018)

Salah satu kegiatan siswa ialah menggelar expo hasil karya kerajinan yang diikuti oleh siswa dari kelas XII dan kelas IX. Expo ini menampilkan karya fashion show busana dari hasil daur ulang seperti sampah plastik dan koran. Tidak hanya itu, ada juga bazar makanan dan minuman hasil olahan tanaman dilingkungan sekolah seperti es kelapa muda, es cincau , sari markisa, dan guava.

Menurut salah seorang pelajar yang juga merupakan duta adiwiyata sekolah Ananda Putri , mengungkapkan selain belajar ia dan siswa lainya juga melaksanakan berbagai kegiatan berkaitan dengan menjaga kelestarian di kawasan sekolah . Tiap pagi 5 menit sebelum masuk kelas siswa melaksanakan gerakan yang disebut operasi semut yakni, mengutip sampah disekitar kelas kemudian memilah sampah untuk diolah menjadi hasil karya.

Lebih lanjut , guna mendukung aktifitas tersebut di sekolah siswa terlibat aktif mengelola bank sampah , membuat kompos organik dari sampah daun yang ada di sekitar sekolah serta membuat kebun siswa untuk di tanami aneka sayuran organik. Hal ini diterapkan guna memberikan pemahaman agar tujuan dari sekolah adiwiyata ini tidak hanya pengenalan tetapi juga memberikan output positif sebagai pembentukan karakter generasi sadar lingkungan yang bisa di mulai dari lingkungan sekolah.

Penulis Desi Ekawati (RPKSiak), Sabtu, 7/04/18.
Editor EQ
Publish by Diskominfo Siak/doliwtr*

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

Back to Top