Forum Anak Siak Sangat Penting Dalam Visi Pembangunan Pemerintah Daerah Jangka Panjang

Forum Anak Siak Sangat Penting Dalam Visi Pembangunan Pemerintah Daerah Jangka Panjang

Forum Anak Siak Sangat Penting Dalam Visi Pembangunan Pemerintah Daerah Jangka Panjang

No Comments on Forum Anak Siak Sangat Penting Dalam Visi Pembangunan Pemerintah Daerah Jangka Panjang

Mempura (Tanjung Agung) – Secara filosofis anak mempunyai hak untuk hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi aktif secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan. Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Siak (DP3AP2KB) Hj. Ulfah Hanum saat menyampaikan sambutan pada acara Rakor Forum Anak Kabupaten Siak tahun 2018 di Ruang Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, pagi Senin (14/05/2018).

“Forum anak ini di artikan sebagai organisasi atau lembaga sosial yang digunakan sebagai wadah atau pranata partisipasi bagi anak yang belum berusia 18 tahun, anggotanya merupakan perwakilan dari organisasi anak, kelompok anak atau kelompok kegiatan anak”, terang Ulfah.

Dijelaskan Ulfah Hanum, Kelembagaan forum anak sangat penting di bina, melalui forum inilah pemerintah dapat melihat respon, keinginan, harapan, kebutuhan dan kekhawatiran anak dalam proses pembangunan. Ulfah mencontohkan keterlibatan Forum anak dalam pembangunan dengan dilibatkannya Forum Anak menyampaikan usulan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) baik di tingkat Desa ataupun di tingkat Kecamatan yang nantinya apa yang di inginkan anak dapat terakomodir.

“Kita selalu memantau perkembangan forum anak Kabupaten Siak ini, sebagai dinas yang menangani langsung forum anak ini, tentunya kita selalu mensuport penguatan kelembagaan, guna keterlibatan anak dalam proses pengambilan keputusan oleh pemerintah dapat terakomodir”, ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Siak Budhi Yuwono mengatakan, keterlibatan anak dalam proses pembangunan menjadi sangat penting karena untuk menjamin agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal baik dari segi fisik, mental, juga di dalam kehidupan sosial.
Ada lima tujuan terbentuknya forum anak ini yaitu bertujuan untuk mengkomunikasikan pemenuhan hak dan kewajiban anak, media komunikasi organisasi, menjembatani pemenuhan hak partisipasi anak, sarana pengembangan bakat, minat dan kemampuan anak serta sebagai media kompetisi prestasi anak.

“Kita harapkan program forum anak ini kedepan dapat dimasukkan di dalam pembahasan baik di musrenbang tingkat Kampung dan juga musrenbang tingkat Kecamatan, agar kebutuhan dari forum anak ini dapat terpenuhi”, terang budhi.

Menurutnya melalui forum ini, anak-anak Kabupaten Siak telah menunjukkan eksistensinya di mata nasional dengan dibuktikan beberapa waktu lalu Kabupaten Siak terpilih sebagai Kabupaten layak anak dan ditunjuknya Green Generation Siak sebagai tuan rumah dalam acara kemah nasional yang berwawasan lingkungan hijau dan ia berpesan kepada anak Siak harus berani tampil di muka publik dan mampu menyampaikan pendapatnya bagi kepentingan anak-anak Kabupaten Siak.

Acara yang berlangsung pagi Senin itu dihadiri 140 orang perwakilan forum anak dari 14 Kecamatan. Pertemuan yang berlangsung pagi Senin itu untuk memilih ketua dan pengurus forum anak Kabupaten Siak. Setelah melalui proses yang panjang akhirnya terpilihlah Asmawati perwakilan forum anak dari Kecamatan Mempura sebagai Ketua Forum anak Kabupaten Siak periode 2018 -2020 akan datang.

Publish by Diskominfo Siak/doliwtr*
Sumber Humas Pemkab Siak

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

Back to Top