Forum Tematik Bakohumas Bersama-sama Mensosialisasikan Amnesti Pajak

Forum Tematik Bakohumas Bersama-sama Mensosialisasikan Amnesti Pajak

Forum Tematik Bakohumas Bersama-sama Mensosialisasikan Amnesti Pajak

No Comments on Forum Tematik Bakohumas Bersama-sama Mensosialisasikan Amnesti Pajak

Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, selaku Ketua Umum Bakohumas bekerjasama dengan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI, mengadakan forum tematik Bakohamas guna mensosialisasikan kebijakan Amnesti Pajak (Tax Amnesty): Ungkap, Tebus, Lega, di Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan RI, Kamis (11/08).

Peran Humas Pemerintah sangat dibutuhkan untuk menyebarluaskan kebijakan-kebijakan strategis pemerintah, salah satunya adalah Amnesti Pajak. “Forum Tematik Bakohumas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman publik tentang Amnesti Pajak”, ujar Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dra. Rosarita Niken Widiastuti, pada pembukaan acara pagi ini.

Untuk menunjang keberhasilan Kabinet Kerja, menyerap aspirasi, dan mempercepat penyampaian informasi tentang kebijakan dan program pemerintah, sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) No.9 Tahun 2015, forum tematik Bakohumas ini sangat berperan penting untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman yang tepat tentang Amnesti Pajak kepada masyarakat.

“Peran Media sangat penting, Humas dapat menumbuhkan optimisme kepada masyarakat, jadi rasa optimisme harus kita bangun. Pada situs web pemerintah yang ada di Kementerian/Lembaga hendaknya memberi ruang untuk Amnesti Pajak, dapat melalui videotron atau iklan-iklan tentang Amnesti Pajak, dengan begitu Amnesti Pajak akan sukses, pembangunan Indonesia akan maju” imbau Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Hadiyanto, yang turut hadir pada forum tersebut, dalam sambutannya mengatakan “Kebijakan-kebijakan pemerintah dapat disampaikan melalui saluran-saluran komunikasi termasuk di Kementerian/Lembaga yakni melalui Bakohumas, maka saya berterima kasih kepada Bakohumas”.

Untuk diketahui oleh masyarakat, Amnesti Pajak adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan. Dan terdapat 6 (enam) keuntungan dari Amnesti Pajak, antara lain 1) penghapusan pajak yang seharusnya terutang; 2) tidak dikenai sanksi administrasi dan sanksi pidana perpajakan; 3) tidak dilakukan pemeriksaan, pemeriksaan bukti permulaan dan penyidikan; 4) penghentian proses pemeriksaan, pemeriksaan bukti permulaan atau penyidikan; 5) jaminan rahasia, data pengampunan pajak tidak dapat dijadikan dasar penyelidikan dan penyidikan tindak pidana apapun; dan 6) pembebasan pajak penghasilan untuk balik nama harta tambahan.

Sumber setkab.go.id, Kamis 11 Agustus 12016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top