Gulai Tuna Keladi Becekau dan Kembang Tuna Antarkan Kecamatan Tualang Juara Umum Lomba Masak Forikan

Gulai Tuna Keladi Becekau dan Kembang Tuna Antarkan Kecamatan Tualang Juara Umum Lomba Masak Forikan

Gulai Tuna Keladi Becekau dan Kembang Tuna Antarkan Kecamatan Tualang Juara Umum Lomba Masak Forikan

No Comments on Gulai Tuna Keladi Becekau dan Kembang Tuna Antarkan Kecamatan Tualang Juara Umum Lomba Masak Forikan

Kecamatan Tualang tampil sebagai juara umum lomba masak berbahan dasar serba ikan yang ditaja Forikan Kabupaten Siak yang bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kelautan setempat.

Kegiatan tersebut berlangsung di Balairung Datuk Empat Suku, Komplek Abdi Praja, Kamis (28/07/2016).

Tahun ini, Kecamatan Tualang mengangkat tema masakan tradisional Melayu yang diberi nama Gulai Tuna Keladi Becekau dan Kembang Tuna.

Peserta berasal dari 14 kecamatan se-Kabupaten Siak ini menyajikan menu sesuai sudah ditetapkan. Masing-masing menampilkan kreatifitas, sehingga menu makanan terlihat menarik dan bervariasi. Penilaian,tim juri mulai dari cara menghidang, inovasi, citra rasa dan kebersihan.

Berdasarkan keputusan juri pemenang lomba Kecamatan Tualang, Kecamatan terpadat penduduk menjuarai tiga kategori perlombaan dan berhak mendapatkan tropi dan uang pembinaan.

Kategori Balita, juara I Kecamatan Tualang, juara II Kecamatan Siak, dan juara III Kecamatan Dayun.

Kategori Kudapan, juara I diraih Kecamatan Tualang, juara II dari Kecamatan Koto Gasib dan juara III dari Kecamatan Siak.

Sementara untuk Kategori Keluarga, juara I dari Kecamatan Tualang, juara II dari Kecamatan Lubuk Dalam, dan Juara III dari Kecamatan Koto Gasib.

Ketua Forikan Kecamatan Tualang, Yusmawati saat dihubungi melalui handphonenya mengaku bangga karena terpilih kembali sebagai juara umum.

“Tahun ini kami lebih fokus pada menu tradisional seperti gulai tuna keladi becekau dan kembang tuna. Tujuannya, mengangkat kembali masakan khas daerah Melayu, yang mulai kurang digandurungi anak-anak remaja dewasa ini.

“Pada kategori kudapan misalnya, Tualang menampilkan medu kembang tuna. Masakan ini sebenarnya terinspirasi dari kue kembang loyang, namun dimodifikasi dengan menggunakan bahan ikan tuna,” papar dia.

Ketua Forikan Kabupaten Siak Ny. Rasidah Alfedri mengatakan, kegiatan yang setiap tahunnya diselenggarakan dengan tema yang ditonjolkan “Dengan gerakan memasyarakatkan makan ikan kita tingkatkan kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat Kabupaten Siak”.

Menurutnya, kegiatan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola masakan dari sumber serba ikan dan menghasilkan masakan yang mengundang selera serta mempromosikan keanekaragaman bahan pangan dan menyebarluaskan kandungan yang bergizi baik dalam aneka ikan.

 

Sumber kapurnews.com, Kamis 28 Juli 2016

Similar Posts:

    None Found

« Previous Article Kabupaten Siak Terus Genjot Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Next Article » Rupiah Bergerak Menguat

linked in share button

Leave a comment

Back to Top