Hadiri Pelantikan Pengurus LAMR Sungai Apit, Bupati Siak: Kebersamaan Kunci Kekuatan

Hadiri Pelantikan Pengurus LAMR Sungai Apit, Bupati Siak: Kebersamaan Kunci Kekuatan

Hadiri Pelantikan Pengurus LAMR Sungai Apit, Bupati Siak: Kebersamaan Kunci Kekuatan

No Comments on Hadiri Pelantikan Pengurus LAMR Sungai Apit, Bupati Siak: Kebersamaan Kunci Kekuatan

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menghadiri pelantikan pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Senin (28/11/2016).

Pelantikan itu dilakukan oleh Ketua MKA LAMR Kabupaten Siak Datuk Sri H Zulkifli ZA, dihadiri sejumlah pengurus LAMR Kabupaten Siak, tokoh masyarakat serta satuan kerja perangkat daerah di Kecamatan Sungai Apit.

Melalui amanahnya, Syamsuar yang bergelar Datuk Setia Amanah berpesan kepada semua pengurus LAMR Kecamatan Sungai Apit yang baru lantik agar segera menyusun program kerja sesuai amanah. Tentunya, untuk menjalankan amanah tersebut hendaknya dilakukan dengan merapatkan barisan.

“Berpadu satu dalam persebatian yang kokoh, sebab dengan perpaduan ini akan lahir rasa kebersamaan yang menjadi kunci kekuatan,” kata Syamsuar.

Dia berharap agar pengurus LAMR Sungai Apit menempatkan seluruh kemampuan dengan sebaik-baiknya, yakni dengan tunjuk ajar sikap adat Melayu yang berbudi luhur. Untuk itu, pengurus LAMR harus dapat menjadi tali pengikat dan payung pemersatu dan memberikan kontribusi berupa pemikiran dan ide-ide serta nasehat dalam rangka mendukung proses pembangunan di Kabupaten Siak. Hal ini sekaligus untuk menunjukan jati diri sebagai lembaga yang mampu menjawab dan menjernihkan seluruh persoalan-persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa keberadaan LAMR ini sebagai payung bagi masyarakat, tidak hanya memayungi suku Melayu semata, namun juga sebagai payung pemersatu seluruh suku dan etnis yang ada di kecamatan dan berbagai ragam budaya yang ada di Siak, menjadi sebuah khazanah kekayaan budaya yang patut kita lestarikan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Syamsuar mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melestarikan adat dan budaya sebagai salah satu kekayaan yang menjadi warisan di bumi Melayu, ini disebabkan sektor pariwisata terus digalakkan oleh Pemkab Siak.

Selain mengoptimalkan obyek yang ada seperti wisata dan sejarah, keberagaman budaya juga akan menjadi salah satu daya tarik dan destinasi wisata yang efektif untuk mempromosikan Siak.

“Kami ingin jadikan Siak sebagai destinasi wisata yang bertemakan Siak The Trully Malay,” ujarnya optimis.

Pada kesempatan itu juga diresmikan pemakaian gedung LAMR Kecamatan Sungai Apit. “Tentu harapan kita gedung LAMR Sungai Apit yang baru diresmikan ini bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin, sesuai fungsinya,” tutup Syamsuar.

 

Sumber goriau.com, Selasa 29 November 2016

linked in share button

Leave a comment

Back to Top